Pengaruh Persepsi Peserta Didik Tentang Gaya Mengajar Guru Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. (Studi Korelasi di Kelas XI SMK Sasmita Jaya 2 Pamulang Kota Tangerang Selatan)
Main Author: | Endah Prasetyowati, . |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Pamulang
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unpam.ac.id/3872/1/FILE%20COVER.docx http://eprints.unpam.ac.id/3872/2/BAB%20I.rtf http://eprints.unpam.ac.id/3872/3/BAB%20II.docx http://eprints.unpam.ac.id/3872/4/Bab%20III.docx http://eprints.unpam.ac.id/3872/5/BAB%20IV.docx http://eprints.unpam.ac.id/3872/6/BAB%20V.docx http://eprints.unpam.ac.id/3872/7/JURNAL.docx http://eprints.unpam.ac.id/3872/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan persepsi peserta didik tentang gaya mengajar guru Pendidikan Kewarganegaraan terhadap prestasi belajar peserta didik di kelas XI SMK Sasmita Jaya 2 Pamulang kota Tangerang Selatan. Populasi target dalam penelitian ini adalah 1065 peserta didik, sedangkan populasi terjangkau adalah sebanyak jumlah peserta didik di populasi target yaitu 94 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan rumus solvin sebanyak 48 peserta didik yang diambil secara random sampling sederhana. Ada 2 (dua) variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu Gaya mengajar guru (Variabel X) dan Prestasi Belajar Peserta Didik (Variabel Y ). Metode pengambilan data Variabel X ( Variabel Bebas ) menggunakan angket dan Variabel Y ( Variabel Terikat ) melihat dari hasil rapor semester ganjil. Uji persyaratan analisis dilakukan dengan uji normalitas. Uji normalitas menggunakan metode liliefors. Dan dari hasil perhitungan normalitas Variabel X dan Variabel Y bahwa data tidak berdistribusi normal, hal ini dapat dilihat dari L_hitung>L_tabel yaitu 0,26 > 0,13 untuk Variabel X dan L_hitung>L_tabel yaitu 0,34 > 0,13 untuk Variabel Y. Dilanjutkan dengan uji Linieritas antara Variabel X dan Variabel Y yang diperoleh dari hasil F_hitung 5.538 dan F_tabel 0,615. Jadi dapat disimpulkan bahwa Ho tidak diterima regresi Y atas X adalah tidak linier yaitu F_hitung 5.538 <F_tabel 0,615. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antara gaya mengajar guru dengan prestasi hasil belajar peserta didik termasuk ke dalam kategori sedang karena r_hitung 0,088 jika dikonsultasikan kepada r_(tabel )0,44 memiliki koefisien determinasi sebesar 31,13 %. Berdasarkan penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan positif yang signifikan antara gaya mengajar guru dengan prestasi belajar peserta didik kelas XI PMI, TKR 1, TKR 3, TITL di SMK Sasmita Jaya 2 Pamulang kota Tangerang Selatan. Kata kunci : Gaya Mengajar Guru Prestasi Belajar Peserta Didik Pendidikan Kewarganegaraan