Pengaruh Penggunaan Camshaft Standart Dan Non Stndart Terhadap Kinerja Sepeda Motor Matic Fi 110 Cc
Main Author: | Egy Gustara, . |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Pamulang
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unpam.ac.id/3833/1/COVER%20.docx http://eprints.unpam.ac.id/3833/2/BAB%20I.docx http://eprints.unpam.ac.id/3833/3/BAB%20II.docx http://eprints.unpam.ac.id/3833/4/BAB%20III.docx http://eprints.unpam.ac.id/3833/5/BAB%20IV.docx http://eprints.unpam.ac.id/3833/6/BAB%20V.docx http://eprints.unpam.ac.id/3833/7/JURNAL.docx http://eprints.unpam.ac.id/3833/ |
Daftar Isi:
- Salah satu cara untuk mendapatkan efisiensi volumetris yang maksimal sehingga dapat menghasilkan tenaga seoptimal mungkin adalah dengan melakukan modifikasi pada camshaft. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan pengaruh penggunaan camshaft standard dengan camshaft non standart terhadap unjuk kerja motor matic fi 110 cc. Dalam pengujian ini menggunakan objek sepeda motor matic fi. Pengujian unjuk kerja sepeda motor dilakukan dengan menggunakan dynojet tipe 250i. Pengujian dilakukan secara bergantian untuk masing-masing variasi camshaft guna memperoleh perbandingan torsi dan daya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan camshaft non standart menghasilkan unjuk kerja yang lebih baik, yaitu daya dan torsi yang lebih besar, dari pada camshaft standart. Pada camshaft non standart menghasilkan daya maksimal sebesar 6,74 kW dan torsi maksimal sebesar 5,97 Nm pada putaran 5900 rpm, sedangkan pada camshaft standart hanya mampu menghasilkan daya maksimal sebesar 6,68 kW dan torsi maksimal 5,49 Nm pada putaran 6400 rpm. Kata Kunci : standart, non standart, camshaft, unjuk kerja, motor bensin, motor matic 110 cc