Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP N 14 Tangerang Selatan

Main Author: Murniyati, .
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Pamulang , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unpam.ac.id/3738/1/COVER.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3738/2/BAB%20I.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3738/3/BAB%20II.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3738/4/BAB%20III.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3738/5/BAB%20IV.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3738/6/BAB%20V.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3738/7/JURNAL.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3738/
Daftar Isi:
  • Kata Kunci: Kompetensi Profesional Guru, Fasilitas Belajar, Prestasi Belajar, Siswa Kelas VIII Pada mata pelajaran IPS Penelitian ini bertujuan untuk (a) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 14 Tangerang Selatan (b) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 14 Tangerang Selatan (c) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 14 Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif yang dimana subyek peneliti ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 14 Tangerang Selatan dengan jumlah responden sebanyak 120 yang dipilih mengunakan teknik simple random sampling. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan kuesioner yang disebar kepada siswa kelas VIII . Analisa data pada penelitian ini menggunakan teknik uji Hipotesis yaitu uji parsial, simultan, dan koefisien determinasi. Hasil Penelitian melalui uji parsial ialah terdapat pengaruh kompetensi professional guru terhadap prestasi belajar kelas VIII SMPN 14 Tangerang Selatan dengan nilai t hitung 4,726 atau nilai Sig nya sebesar 0,000. Dan terdapat pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar kelas VIII SMPN 14 Tangerang Selatan dengan nilai t hitung 3,227 atau nilai Sig nya sebesar 0,002. Dan uji Simultan terdapat pengaruh signifikan kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 14 Tangerang ini dapat dilihat dari nilai F hitung sebesar 23,105 atau dapat dilihat signifikansi mendapatkan angka 0,000 lebih kecil dari α 0,05. Saran untuk sekolah harus lebih meningkatkan fasilitas belajar supaya proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. Dan guru mampu memberikan pembelajaran secara optimal karena media pembelajaran dan media disediakan secara maksimal sehingga mampu mendorong peserta didik meningkatkan prestasi belajar. Kareana komponen-komponen utama telah disediakan dengan baik untuk menunjang pembelajaran