Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas VII dan Siswa Kelas VIII MTs Daarul Hikmah Pamulang (Studi Korelasi di MTs Daarul Hikmah Pamulang Tangerang Selatan)

Main Author: Muhammad Yunus, .
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Pamulang , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unpam.ac.id/3735/1/COVER.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3735/2/BAB%20I.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3735/3/BAB%20II.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3735/4/BAB%20III.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3735/5/BAB%20IV.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3735/6/BAB%20V.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3735/7/JURNAL.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3735/
Daftar Isi:
  • Dengan masih banyaknya guru yang belum mengetahui akan proses pengelolaan kelas, atau pun belum mampu mengoptimalkan penerapan pengelolaan kelas yang menyebabkan adanya siswa yang bosan dikelas, sering ribut saat proeses belajar mengajar, maka dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas VII dan Kelas VIII MTs Daarul Hikmah Pamulang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel, adapun pengambilan data pengelolaan kelas diambil dari angket dengan jumlah item pertanyaan sebanyak 25 sedangkan data hasil belajar pendidikan kewarganegaraan diambil dari nilai rapot pendidikan kewaraganegaraan. Hasil perhitungan korelasi Spearmen-Rank antara pengelolaan kelas dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan, didapatkan nilai thitung sebesar -0,561277327 pada taraf signifikansi dan t tabel sebesar 1,984217, artinya tidak terdapat korelasi positif yang signifikan antara pengelolaan kelas dengan hasil belajar pendidikan kewaraganegaraan. Baik buruknya pengelolaan kelas tidak ada pengaruhnya terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa adapun faktor-faktor lain selain pengelolaan kelas baik itu faktor eksternal maupun internal seperti motivasi belajar siswa, dorongan atau dukungan orang tua, dan pengaruh lingkungan sekitar memiliki lebih banyak pengaruh terhahap hasil belajar siswa daripada pengelolaan kelas. Kata kunci: Pendidikan Kewarganegara, Hasil Belajar, Pengelolaan Kelas, kemampuan guru, cara mengelola kelas.