Pengaruh Media Belajar Audio-visual Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas VII dan Siswa Kelas VIII MTs Daarul Hikmah Pamulang (Studi Korelasi di MTs Daarul Hikmah Pamulang Tangerang Selatan)
Main Author: | Paturohman, . |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Pamulang
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unpam.ac.id/3731/1/COVER.docx http://eprints.unpam.ac.id/3731/2/BAB%20I.docx http://eprints.unpam.ac.id/3731/3/BAB%20II.docx http://eprints.unpam.ac.id/3731/4/BAB%20III.docx http://eprints.unpam.ac.id/3731/5/BAB%20IV.docx http://eprints.unpam.ac.id/3731/6/BAB%20V.docx http://eprints.unpam.ac.id/3731/7/JURNAL.docx http://eprints.unpam.ac.id/3731/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, pengaruh media belajar audio-visual terhadap prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan. Penelitian ini dilakukan di MTs Daarul Hikmah Pamulang Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan ialah metode survey melalui analisis korelasi yaitu melihat pengaruh antara variabel-variabel yang akan diteliti. Yaitu pengaruh media belajar audio-visual tehadap prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan. Metode ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara suatu variabel terhadap variabel yang lain dan bertujuan pula melihat pengaruh antara dua gejala atau lebih. Instrumen yang digunakan 16 soal pilihan ganda dan 5 soal berbentuk angket. Hasil penelitian diuji dengan Uji-t (uji beda rata-rata). Hasil penelitian diperoleh t hitung lebih besar daripada t tabel yaitu sebesar (10.39155716 > 1.984217), dengan dk 100-2=98 dengan taraf signifikan α=0,05, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Media belajar audio-visual (Variabel X) terhadap prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan (Variabel Y). Dari niali t hitung yaitu 10.39155716 dilihat dari interprestasi angka indeks, maka angka indeks media belajar audio-visual berada diangka > 1 yang berada pada tingkat korelasi yang sempurna yang mengartinya semakin kuat media belajar audio-visual maka akan semakin kuat pula prestasi belajar pendidikan kewaraganegaraan siswa kelas VII dan kelas VIII di MTs Daarul Hikmah Pamulang, Tangerang-Selatan. Kata Kunci: Pendidikan kewarganegaraan, Media audio-visual, Prestasi belajar.