Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SMA Negeri 3 Tangerang
Main Author: | Rahmad Hidayat, . |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Pamulang
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unpam.ac.id/3689/1/DAFTAR%20ISI.docx http://eprints.unpam.ac.id/3689/2/BAB%20I.docx http://eprints.unpam.ac.id/3689/3/BAB%20II.docx http://eprints.unpam.ac.id/3689/4/BAB%20III.docx http://eprints.unpam.ac.id/3689/5/BAB%20IV.docx http://eprints.unpam.ac.id/3689/6/BAB%20V.docx http://eprints.unpam.ac.id/3689/7/jurnal%20rahmad%20hidayat.rtf http://eprints.unpam.ac.id/3689/ |
Daftar Isi:
- Kata Kunci:Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kinerja Guru. Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru pada penelitian ini di aplikasikan pada semua guru-guru di sekolah yang menjadi respondennya. Penelitian ini mengkaji secara mendalam tentang seberapa pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru yang ada di SMA Negeri 3 Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk (a) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah di SMA Negeri 3 Tangerang (b) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kinerja guru di SMA Negeri 3 Tangerang (c) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMA Negeri 3 Tangerang. Penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif yang dimana subyek peneliti ini adalah semua guru di SMA Negeri 3 Tangerang dengan jumlah responden sebanyak 35 yang dipilih menggunakan teknik simple jenuh. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan kuesioner yang disebar kepada semua guru yang berada di sekolah. Analisa data pada penelitian ini menggunakan teknik uji Hipotesis yaitu uji parsial dan koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini adalah : 1. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri 3 Tangerang, berdasarkan dari hasil uji koefisien determinasi terjawab bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh signifikan sebesar 69% terhadap kinerja guru di SMA Negeri 3 Tangerang. 2. Kinerja Guru berdasarkan dari hasil uji validitas variabel kinerja guru menemukan bahwa semua indikator memiliki nilai koefisien korelasi positif dan lebih besar dari r tabel, serta probabilitasnya lebih kecil dari α = 5% atau nilai sig < 5%, artinya ada hubungan yang signifikan antara skor masing-masing indikator dengan skor total, yang semua hasilnya lebih besar dari r tabel yaitu 0,333 yang ada di SMA Negeri 3 Tangerang. 3.Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Berdasarkan hasil pengujian secara statistik dapat dilihat dengan jelas bahwa secara parsial menyatakan variabel gaya kepemimpinan berpengaruh positif signifikan terhadap variabel kinerja guru di SMA Negeri 3 Tangerang. Ini dapat dilihat dari nilai t hitung = 8,782 lebih besar dari nilai t tabel 1,658 memiliki probabilitas 0,000 ≤ 0,05.