Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 3 Tangerang

Main Author: Mohammad Ilman Syafi"i, .
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Pamulang , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unpam.ac.id/3687/1/daftar%20isi.rtf
http://eprints.unpam.ac.id/3687/2/BAB%20I.rtf
http://eprints.unpam.ac.id/3687/3/BAB%20II.rtf
http://eprints.unpam.ac.id/3687/4/BAB%20%20III.rtf
http://eprints.unpam.ac.id/3687/5/BAB%20IV.rtf
http://eprints.unpam.ac.id/3687/6/BAB%20V.rtf
http://eprints.unpam.ac.id/3687/7/jurnal%20ilman.rtf
http://eprints.unpam.ac.id/3687/
Daftar Isi:
  • Kata Kunci: Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Siswa Kelas XI IPS Mata Pelajaran Ekonomi. Pengaruh kompetensi profesional guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada penelitian ini di aplikasikan dalam mata pelajaran ekonomi di sekolah dengan siswa Kelas XI IPS yang menjadi respondennya. Penelitian ini mengkaji secara mendalam tentang seberapa pengaruh kompetensi profesional guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa yang ada di SMAN 3 Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk (a) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Tangerang (b) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Tangerang (c) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kompetensi profesional guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Tangerang. Penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif yang dimana subyek peneliti ini adalah siswa kelas XI IPS di SMAN 3 Tangerang dengan jumlah responden sebanyak 123 yang dipilih mengunakan teknik simple random sampling. Dalam penumpulan data peneliti menggunakan kuesioner yang disebar kepada siswa kelas XI IPS. Analisa data pada penelitian ini menggunakan teknik uji Hipotesis yaitu uji parsial, simultan, dan koefisien determinasi. Hasil Penelitian ialah H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh signifikan kompetensi profesional guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 3 Tangerang ini dapat dilihat dari nilai F hitung sebesar 9,115 dimana F hitung lebih besar dari F tabel 3,07 dan dari tabel Anova dapat dilihat signifikansi mendapatkan angka 0,000 lebih kecil dari α 0,05.