Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 6 Tangerang Selatan
Main Author: | Nurul Suaibah, . |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Pamulang
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unpam.ac.id/3646/1/COVER.docx http://eprints.unpam.ac.id/3646/2/BAB%20I.docx http://eprints.unpam.ac.id/3646/3/BAB%20II.docx http://eprints.unpam.ac.id/3646/4/BAB%20III.docx http://eprints.unpam.ac.id/3646/5/BAB%20IV.docx http://eprints.unpam.ac.id/3646/6/BAB%20V.docx http://eprints.unpam.ac.id/3646/7/JURNAL.docx http://eprints.unpam.ac.id/3646/ |
Daftar Isi:
- Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik Guru, Hasil Belajar, Ekonomi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini mengkaji secara dalam tentang kompetensi pedagogik guru dalam proses belajar mengajar guru merupakan komponen yang berpengaruh dalam terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dalam hal ini siswa bertindak sebagai instrumen utama. Data yang dihasilkan penelitian ini adalah hasil responden dalam angket. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 6 Tangerang Selatan dari bulan november 2016 sampai bulan agustus 2017. Yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 6 Tangerang Selatan kelas XI IPS dengan jumlah sampel 147 siswa. Ini merupakan sebagian dari populasi yang berjumlah 237 siswa SMA Negeri 6 Tangerang Selatan. Dalam pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa dari kompetensi pedagogik guru terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 6 Tangerang Selatan, dilihat dari hasil koefisien determinasi (R^2) adalah 0,215, dalam ini berarti 21,5% hasil belajar siswa di SMA Negeri 6 Tangerang Selatan ditentukan oleh kompetensi pedagogik guru yang mendukung kegiatan belajar. Hasil perhitungan T_hitung sebesar 6,328 di atas dibandingkan dengan T_tabel yaitu 1,976, jadi T_hitung> T_tabel maka H_a diterima dan H_o ditolak. Dengan demikian penelitian mengenai variabel kompetensi pedagogik guru tentang hasil belajar siswa di SMA Negeri 6 Tangerang Selatan dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik yang dimiliki guru mata pelajaran ekonomi dapat mendorong hasil belajar yang optimal, karena guru yang memiliki kompetensi pedagogik yang baik senantiasa menyesuaikan kompetensinya dengan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan kemampuan mengelola pembelajaran dapat mengembangkan potensi peserta didik sehingga dapat mendukung tumbuh kembang siswa.