Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 5 Tangerang Selatan
Main Author: | Mirna Yesi, . |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Pamulang
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unpam.ac.id/3623/1/COVER.docx http://eprints.unpam.ac.id/3623/2/BAB%20I.docx http://eprints.unpam.ac.id/3623/3/BAB%20II.docx http://eprints.unpam.ac.id/3623/4/BAB%20III.docx http://eprints.unpam.ac.id/3623/5/BAB%20IV.docx http://eprints.unpam.ac.id/3623/6/BAB%20V.docx http://eprints.unpam.ac.id/3623/7/JURNAL.docx http://eprints.unpam.ac.id/3623/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 5 Tangerang Selatan. Penelitian ini mengkaji tentang disiplin belajar dan nilai ulangan tengah semester (UTS) semester 1 sebagai prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif survey. Sabjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 5 Tangerang Selatan. Jumlah populasi sebanyak 354 siswa dan penelitian ini menggunakan teknik randum sampling, yaitu sampel diambil secara acak. Dalam pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Tangerang Selatan, pada bulan februari 2018. Hasil penilitian menunjukan bahwa skor disiplin belajar yang memperoleh predikat A sebanyak 18%, predikat B sebanyak 39%, predikat C sebanyak 33%, dan predikat C sebanyak 10%. Diperoleh rata-rata disiplin belajar sebesar 64,13, berkategori C (Cukup). Sedangkan Prestasi belajar yang ditunjukkan dari nilai ulangan UTS siswa dengan memperoleh predikat A sebanyak 21%, predikat B sebanyak 22%, predikat C sebanyak 54%, predikat D sebanyak 2% dan predikat E sebanyak 1%. Diperoleh rata-rata Prestasi belajar siswa sebesar 64,33, berkategori C (cukup). Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 5 Tangerang Selatan. Besaran pengaruh sebesar 4,3% dan 95,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam model penelitian ini. Disiplin belajar terhadap prestasi belajar memiliki hubungan yang rendah. Berdasarkan Output Summary nilai koefisien determinan (R2)Sebesar 0,043, yang berarti besaran pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS sebesar 4,3% dan 95.7% dipengaruhi oleh faktor lain.