Daftar Isi:
  • ABSTRAK PT. Panin Bank, Tbk Cabang Gading Serpong adalah perusahaan swasta nasional yang bergerak dibidang perbankan yang berkedudukan di daerah Gading Serpong Kota Tangerang Selatan. Dalam sebuah instansi perbankan, kenyamanan dan kepuasan pelanggan sangatlah penting, sehingga usaha untuk meningkatkan pelayanan selalu dilakukan. Bagi nasabah, mengantri menjadi hal yang kurang menyenangkan, khususnya jika antrian tersebut panjang dan tidak dapat ditinggal. Ketidakpastian waktu akan kapan dilayani dan ketidakmampuan untuk melakukan aktifitas lain saat mengantri menjadi faktor penting yang menyebabkan orang malas untuk mengantri. Penelitian ini menghasilkan sistem antrian nasabah berbasis web yang terkoneksi secara real-time menggunakan Node.js dan Mysql. Aplikasi pihak bank dapat menampilkan informasi, memanggil nomor antrian berikutnya dan dapat berfungsi sebagai printer yang kemudian dapat menghasilkan tiket antrian dengan nomor urut antrian. Kemudian Nasabah dapat memantau antriannya lewat layar Monitor yang dipasang oleh perusahaan. Nasabah pun dapat melihat antrian sebelum mengantri, sehingga mendapatkan gambaran informasi soal antrian yang sedang terjadi. Kata Kunci: Panin Bank, Antrian, Perbankan, Berbasis Web, Tiket.