Daftar Isi:
  • Wayang merupakan seni budaya asli bangsa Indonesia. Seiring dengan perkembangan zaman, wayang mulai tergeser oleh media - media hiburan lain yang lebih modern. Dengan melihat perkembangan teknologi mobile phone yang ada, hal ini sangat tepat untuk memanfaatkan mobile phone sebagai media untuk pembelajaran pengenalan budaya wayang. Tujuan pembuatan aplikasi pengenalan wayang kulit dan lagu jawa ini adalah untuk menunjang pembelajaran pengenalan tokoh wayang dan lagu jawa sehingga dapat membantu pengguna untuk dapat mempelajari tokoh wayang dan lagu jawa dengan mudah, cepat dan efisien. Metode pengembangan program menggunakan SDLC (System Development Life Cycle) dengan model Waterfall sesuai dengan tahapan-tahapannya meliputi analisa kebutuhan, desain, coding, pengujian serta analisa. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan Software Eclipse Juno untuk merancang, database menggunakan SQLite , Sqlitebrowser untuk bantuan membuat database Lagu Jawa, Photoshop untuk mengedit foto. Hasil penelitian berupa aplikasi wayang android dengan ukuran 12MB versi android minimal 2.3 (GingerBread) yang menampilkan 149 tokoh wayang kulit berupa informasi dan pengetahuan wayang kulit seperti gambar wayang, nama, keluarga, saudara, karakter, senjata dan info lain mengenai tokoh wayang. Untuk Lagu Jawa dapat menampilkan satu lagu dari 11 jenis tembang Macapat berserta lirik lagu yang ditambahkan animasi sehingga lirik lagu dapat berjalan per baris sesuai dengan lirik yang ditampilkan. Kata kunci: Wayang, SDLC, Android, Aplikasi.