Pemahaman materi ham terhadap perilaku sosial peserta didik (studi korelasi di smpn 18 kotatangerang selatan tahun ajaran 2015/2016)
Main Author: | Emanuel Tuas, . |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Pamulang
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unpam.ac.id/3479/1/COVER.docx http://eprints.unpam.ac.id/3479/2/BAB%20I.docx http://eprints.unpam.ac.id/3479/3/BAB%20II.docx http://eprints.unpam.ac.id/3479/4/BAB%20III.docx http://eprints.unpam.ac.id/3479/5/BAB%20IV.docx http://eprints.unpam.ac.id/3479/6/BAB%20V.docx http://eprints.unpam.ac.id/3479/7/JURNAL.docx http://eprints.unpam.ac.id/3479/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Emanuel Tuas, 2012150081. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang 2016. Judul Skripsi : Pemahaman Materi HAM Terhadap Perilaku Sosial Peserta didik. ( Studi Korelasi Di SMP Negeri 18 Kota Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2015/2016). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara pemahaman materi HAM terhadap perilaku sosial peserta didik di kelas VIII di SMP Negeri 18 Kota Tangerang Selatan yang berlamat di Jln. Pondok Benda XIV Ujung Pamulang 2 Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini dilakukan pada kelas VIII.1 Tahun Pelajaran 2015/2016. Populasi target dalam penelitian adalah 994 peserta didik, sedangkan populasi terjangkau adalah sebanyak 238 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling sehungga penelitian mengambil kelas VIII.1 sebagai sample karena dianggap telah mewakili semua kelas VIII. Dalam penelitian ini ada dua variabel yang dikaji, Yaitu pemahaman materi Ham ( Variabel X) terhadap prilaku sosial peserta didik ( Varibel Y ). Metode pengambilan data pada Varibel X yaitu dengan mengambil hasil ulangan harian pada materi HAM dan Varibel Y yaitu dengan menggunakan angket (kuisioner). Sebelum dipergunakan untuk mengambil data responden, dilakukan terlebih dahulu uji coba validitas dan reabilitas yang berguna untuk mengetahui kebenaran instrument. Uji persyaratan analisis dilakukan dengan uji Lilliefors. Hasil dari perhitungan uji Lilliefors pada variabel X dikatakan bahwa data berdistribusi normal, hal ini dapat dilihat dari Lhitung 0.1301 lebih kecl dari Ltabel 0,1438. Dan perhitungan Lilliefors pada variabel Y dikatakan bahwa data berdistribusu normal, hal ini dapat dilihat dari Lhitung 0,0805 lebih kecil dari Ltabel 0,1438.Dilanjutkan kedalam uji linearitas antara varibel X dan variabel Y yang diperoleh dari hasil Fhitung 1,33 dan Ftabel 2,20. Hal ini dapat dikatakan bahwa data linear, karena Fhitung lebih kecil dari Ftabel. Kemudian dilanjutkan dengan pengujian hipotesis diman rxy hitung 0,039 lebih kecil dari rxy tabel 0,320 (N=38 dengan taraf signifikan α=0,05) dan memiliki koefisien determinasi sebesar 0,15%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa H1 ditolak, maka tidak terdapat hubungan yang positif dan signifiksn antara pemahaman materi HAM terhadap prilaku sosial peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 18 Kota Tangerang Selatan yang beralamat di Jln. Pondok Benda XIV Ujung Pamulang 2, Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini dilakukan pada kelas VIII.1 Tahun Pelajaran 2015/2016. Kata Kunci : Materi HAM, Perilaku Sosial, Peserta Didik.