Persepsi peserta didik mengenai perhatian orang tua terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan (studi korelasi di smp setia bhakti tangerang tahun pelajaran 2016/2017)

Main Author: Ramli, .
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Pamulang , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unpam.ac.id/3460/1/COVER.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3460/2/BAB%20I.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3460/3/BAB%20II.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3460/4/BAB%20III.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3460/5/BAB%20IV.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3460/6/BAB%20V.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3460/7/JURNAL.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3460/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Ramli.Persepsi Peserta Didik mengenai Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Korelasi di SMP Setia Bhakti Tangerang Tahun Ajaran 2016/2017). Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris ada tidak adanya pengaruh signifikan dan positif antara persepsi peserta didik mengenai perhatian orang tua terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan kelas VIII di SMP Setia Bhakti yang beralamat di Jalan Kisamaun No.171, Kelurahan Sukasari Kecamatan Tangerang Provinsi Banten. Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi terjangkau berjumlah 57 peserta didik yaitu seluruh siswa kelas VIII. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin sebanyak 50 peserta didik yang diambil secara random. Ada 2 (dua) variabel yang dikaji dalam penelitian ini, Persepsi Peserta Didik mengenai Perhatian Orang Tua (Variabel X) dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (Variabel Y). Metode pengambilan data pada Variabel X (Variabel bebas) dan Variabel Y (Varibel terikat) kedua-duanya menggunakan angket. Sebelum instrumen Variabel X dan Variabel Y digunakan untuk mengambil data responden, telah terlebih dahulu melalui tahapan Uji Validitas dan Uji Reliabilitas. Uji persyaratan analisis yang digunakan Uji Normalitas Liliefors. Dalam Uji Normalitas Variabel X (Persepsi Peserta Didik mengenai Perhatian Orang Tua), diketahui data berdistribusi tidak normal, hal ini dapat dilihat dari Lhitung 3.334>Ltabel 0.125. Dan Uji Normalitas Variabel Y (Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan) diketahui data berdistribusi tidak normal, hal ini dapat dilihat dari Lhitung 4.108>Ltabel 0.125. Dilanjutkan dengan Uji Homogenitas. Dalam Uji Homogenitas Variabel X diketahui data tidak memiliki varian yang sama (tidak homogen), hal ini dapat dilihat dari Fhitung12.003>Ftabel 3.11. Dan dalam Uji Homogenitas Variabel Y diketahui data tidak memiliki varian yang sama (tidak homogen), hal ini dapat dilihat dari Fhitung 3.812>Ftabel 3.11. Terakhir dilakukan Uji Linearitas diperoleh nilai Fhitung 28.560>Ftabel 4.03 sehingga dapat disimpulkan pengaruh antara variabel X dan Variabel Y adalah signifikan dan positif. Kemudian dilanjutkan dengan pengujian hipotesis dengan Uji Korelasi Spearman Rank (N=50 dengan taraf signifikansi α=0,05) diperoleh thitung=5.7815 dan ttabel=0.6796. hasil pengujian memiliki Koefisien determinasi sebesar 37%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak, maka terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi peserta didik mengenai perhatian orang tua terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Setia Bhakti Tangerang. Kata Kunci : persepsi peserta didik mengenai perhatian orang tua, hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan.