Pengaruh kecerdasan emosional terhadap sikap disiplin peserta didik dalam mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (studi kolerasi di smk pembina bangsa kabupaten bogor tahun pelajaran 2017/2018)

Main Author: Ayu Liani Dewi, .
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Pamulang , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unpam.ac.id/3454/1/COVER.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3454/2/BAB%20I.doc
http://eprints.unpam.ac.id/3454/3/BAB%20II.doc
http://eprints.unpam.ac.id/3454/4/BAB%20III.doc
http://eprints.unpam.ac.id/3454/5/BAB%20IV.doc
http://eprints.unpam.ac.id/3454/6/BAB%20V.doc
http://eprints.unpam.ac.id/3454/7/JURNAL.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3454/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Ayu Liani Dewi (2013150252) Judul Skripsi: Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Sikap Disiplin Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMK Pembina Bangsa. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pamulang. 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya kecerdasan emosional terhadap sikap disiplin peserta didik pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di SMK PEMBINA BANGSA, yang beralamat di Jl. Warung Nangka Km. 13,Des. Rancabungur, Kec. Rancabungur, Kab. Bogor 16310. Penelitian ini dilakukan pada kelas X Tahun Ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional. Populasi target dalam penelitian ini adalah sebanyak 310 peserta didik, sedangkan populasi terjangkau adalah sebanyak 189 peserta didik. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 128 peserta didik, yang diambil dengan teknik random sampling (acak). Terdapat dua variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu kecerdasan emosional (Variabel X) dan sikap disiplin (Variabel Y). Metode pengambilan data pada variabel X dan variable Y adalah dengan menggunakan angket (kuesioner). Instrumen penelitian variabel X berjumlah 20 pernyataan. Sebelum dilakukan analisis terhadap data yang telah diperoleh, dilakukan uji persyaratan analisis terlebih dahulu berupa uji normalitas, linearitas dan uji signifikansi Regresi. Uji normalitas dilakukan dengan uji Chi Kuadrat diperoleh hasil untuk variabel X nilai Xhitung = 87.75< Ltabel =153.197dan variabel Y nilai Xhitung= -299.619<Ltabel = 153.197, maka data normal. terakhir dilakukan uji linearitas diperoleh nilai Fhitung = 0.000056< Ftabel =1.52, maka linier. Dan selanjutnya dengan melakukan Uji signifikansi Regresi Y atas X dengan hasil yang diperoleh bahwa H0 : ß = 0 (regresi tak signifikan), H1 : ß > 0 (regresi itu signifikan) dengan perolehan Fhitung 0.00396 lebih kecil dari Ftabel 3,92 dengan taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak, karena Fhitung : 0,00396 >Ftabel 3,92. Jadi regresi Y atas X adalah regresi tidak signifikan (berarti). Penelitian ini menyimpulkan bahwa kecerdasan emosional tidak berpengaruh terhadap sikap disiplin peserta didik pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegraan. Artinya bahwa perubahan pada sikap disiplin peserta didik tidak terpengaruh dari kecerdasan emosional peserta didik. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Sikap Disiplin.