Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Peran Guru Dengan Sikap Disiplin Siswa Di Smk Muhammadiyah 1 Ciputat – Tangerang Selatan
Main Author: | Indah Mayzarni Simatupang, . |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Pamulang
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unpam.ac.id/3450/1/COVER.docx http://eprints.unpam.ac.id/3450/2/BAB%20I.docx http://eprints.unpam.ac.id/3450/3/BAB%20II.docx http://eprints.unpam.ac.id/3450/4/BAB%20III.docx http://eprints.unpam.ac.id/3450/5/BAB%20IV.docx http://eprints.unpam.ac.id/3450/6/BAB%20V.docx http://eprints.unpam.ac.id/3450/7/JURNAL.docx http://eprints.unpam.ac.id/3450/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Indah Mayzarni Simatupang, NIM 2013150327. Hubungan persepsi siswa tentang peran guru dengan sikap disiplin siswa di SMK Muhammadiyah 1 Ciputat, Tangerang Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara persepsi siswa tentang peran guru dengan sikap disiplin siswa di SMK Muhammadiyah 1 Ciputat, Tangerang Selatan. Populasi target pada penelitian ini adalah 565 siswa, sedangkan populasi terjangkau sebanyak 189 siswa dari kelas XI semua jurusan. Pengambilan sampel menggunakan rumus solvin sebanyak 128 siswa yang diambil secara random sampling sederhana. Ada dua variabel yang dikaji pada penelitian ini, yaitu persepsi siswa tentang peran guru (X) dan variabel sikap disiplin siswa(Y). Metode pengmbilan data dari kedua variabel menggunakan angket. Uji persyaratan analisis dilakukan dengan uji normalitas menggunakan metode liliefors. Dan dari hasil perhitungan normalitas dan variabel X dan variabel Y bahwa data berdistribusi tidak normal, karena Lhitung > Ltabel yaitu 2,2422 > 0,0785 untuk Variabel X dan 2,355 > 0,0785 untuk variabel Y. Dilanjutkan dengan uji homogenitas menggunakan uji Fisher yang diperoleh hasil Fhitung 1,09514 dan Ftabel 3,92. Jadi dapat disimpulkan bahwa Ho diterima Variabel X dan Variabel Y homogen yaitu Fhitung 1,09514< Ftabel 3,92. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan persepsi siswa tentang peran guru dengan sikap disiplin siswa termasuk kedalam kategori tinggi karena rhohitung 0,997665263 jika dikonversikan ke thitung 163,9795765 memiliki koefisien determinasi sebesar 99,53359765. Berdasarkan penelitian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang peran guru dengan sikap disiplin siswa Kelas XI Akuntansi, Perbankan Syariah, Administrasi Perkantoran, Pemasaran di SMK Muhammadiyah 1 Ciputat, Tangerang Selatan. Dari hasil uji statistik disimpulkan bahwa peran guru jika dijalankan dengan baik maka siswa akan memiliki penilaian yang baik pula dan menjadikannya sebagai contoh dalam bertingkah, berperilaku dan juga bersikap, termasuk disiplin. Kata Kunci : Persepsi Siswa, Peran Guru, dan Sikap Disiplin Siswa