Pengaruh teman sebaya terhadap disiplin belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di smp islam parung (studi korelasi di smp islam parung tahun pelajaran 2017/ 2018)
Main Author: | Wilda Ayu Lestari, . |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Pamulang
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unpam.ac.id/3445/1/COVER.doc http://eprints.unpam.ac.id/3445/2/BAB%20I.doc http://eprints.unpam.ac.id/3445/3/BAB%20II.doc http://eprints.unpam.ac.id/3445/4/BAB%20III.doc http://eprints.unpam.ac.id/3445/5/BAB%20IV.doc http://eprints.unpam.ac.id/3445/6/BAB%20V.doc http://eprints.unpam.ac.id/3445/7/JURNAL.doc http://eprints.unpam.ac.id/3445/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Wilda Ayu Lestari (2013150349). Pembimbing : Tajudin, SH, MH. Skripsi. PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) DI SMP ISLAM PARUNG. Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang 2017. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (PPKn) Di SMP Islam Parung. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan slovin pada taraf signifikansi 0,05. Dari populasi target dalam penelitian ini adalah sebanyak 865 dan populasi terjangkau sebanyak 286 peserta didik, diperoleh 97 peserta didik pada kelas VIII (Delapan) sebagai sampel. Pengambilan data menggunakan kuisioner yang terdiri dari 30 yang mengunakan pernyataan teman sebaya dan disiplin belajar menggunakan angket untuk menjaring data. Hasil hipotesis uji t diketahi Thitung 342.78 sedangkan Ttabel = 2.03, setelah dibandingkan Thitung > Ttabel. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara teman sebaya terhadap disiplin belajar peserta didik, menunjukkan bahwa jika teman sebaya memiliki perilaku yang baik maka disiplin belajar peserta didik akan baik karena teman yang baik itu membawa hal yang positif seperti disiplin belajar disekolah misalnya belajar dengan tertib. Kata kunci : Teman sebaya, disiplin belajar.