Pengaruh penerapan disiplin terhadap prestasi belajar peserta didik di smp pgri 1 ciputat (studi korelasi di smp pgri 1 ciputat tahun ajaran 2016/2017)

Main Author: Meyrsi Natalia Saeketu, .
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Pamulang , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unpam.ac.id/3441/1/COVER.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3441/2/BAB%20I.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3441/3/BAB%20II.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3441/4/BAB%20III.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3441/5/BAB%20IV.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3441/6/BAB%20V.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3441/7/JURNAL.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3441/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK MEYRSI NATALIA SAEKETU (201215053) Judul Skripsi: Pengaruh Penerapan Disiplin Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik di SMP PGRI 1 Ciputat. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pamulang. 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara penerapan disiplin terhadap prestasi belajar peserta didik di SMP PGRI 1 Ciputat, Jl. Pendidikan no 30 Ciputat, Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten. Penelitian ini dilakukan pada kelas VIII Tahun Ajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi target dalam penelitian ini adalah sebanyak 326 peserta didik, sedangkan populasi terjangkau adalah sebanyak 73 peserta didik. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus solvin sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 42 peserta didik, yang diambil dengan teknik random sampling (undian). Ada 1(satu) variabel yang dikaji dalam penelitian ini, pengaruh penerapan disiplin (Variabel X) menggunakan angket dan prestasi belajar (Variabel Y) diambil dari nilai rapot mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Dengan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji r-korelasi menggunakan rumus uji F untuk mengetahui pengaruh variabel X dengan variabel Y diperoleh untuk nilai Fhitung = -0,817 < Ftabel = 3,03 (a=0.1 dan dk = 42-2= 40), dari hasil perhitungan tersebut diketahui tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap variabel (X) dengan variabel (Y). Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengaruh penerapan disiplin tidak besar mempengaruhi prestasi belajar peserta didik. Artinya bahwa disiplin tidak terlalu mempengaruhi prestasi belajar siswa karena ada faktor-faktor lainnya yang lebih mempengaruhi. Kata Kunci : Penerapan Disiplin dan Prestasi Belajar