Perbandingan hasil belajar ppkn yang menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe every one is a teacher here dengan make a match di smkn 2 kota tangerang selatan (studi komparasi di smkn 2 kota tangerang selatan tahun ajaran 2016-2017)
Main Author: | Mardani Ahmad, . |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Pamulang
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unpam.ac.id/3436/1/COVER.docx http://eprints.unpam.ac.id/3436/2/BAB%20I.rtf http://eprints.unpam.ac.id/3436/3/BAB%20II.rtf http://eprints.unpam.ac.id/3436/4/BAB%20III.rtf http://eprints.unpam.ac.id/3436/5/BAB%20IV.rtf http://eprints.unpam.ac.id/3436/6/BAB%20V.rtf http://eprints.unpam.ac.id/3436/7/JURNAL.docx http://eprints.unpam.ac.id/3436/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK MARDANI AHMAD (2013150193). Pembimbing : Drs. H. Alinurdin, M.Pd. Skripsi. PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PPKn YANG MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE DENGAN MAKE A MATCH (Studi Kasus Guru PPKn di SMKN 2 Kota Tangerang Selatan). Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan . Universitas Pamulang. 2017. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan Perbandingan Hasil Belajar PPKn yang Menggunakan Metode Pembelajarn Kooperatif Tipe Everyone Is A Teacher Here dengan Make A Match, Guru Mata Pelajaran Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode studi kasus. Unit analisis adalah sekolah dan partisipan penelitian adalah guru Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, di SMKN 2 Kota Tangerang Selatan. Teknik pengambilan data melalui pengamatan, dan kajian dokumen berupa uraian soal (Pilihan Ganda). Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan analisis tematik. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 340.566 dan ttabel = 1,9996 maka H0 ditolak dan jika thitung ≥ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian maka H0 ditolak dan H1 diterima karena thitung > ttabel hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan dari penerapan metode Everyone Is A Teacher Here dengan metode Make A Match terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan pada tingkat kemampuan guru PPKn dalam mendemonstrasikan Perbandingan Hasil Belajar PPKn yang Menggunakan Metode Pembelajarn Kooperatif Tipe Everyone Is A Teacher Here dengan Make A Match. Metode Pembelajaran dikelas Eksperimen yang menggunakan metode Everyone Is A Teacher Here mendapat nilai rata-rata 72, sedangkan pembelajaran dikelas kontrol yang menggunakan metode Make A Match mendapat nilai rata-rata 70.60. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Everyone Is A Teacher here dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMKN 2 Kota Tangerang Selatan. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Everyone Is A Teacher Here dengan Make A Match , Hasil Belajar.