Perbandingan antara metode resitasi dengan metode make a match Terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (studi komparasi di smp al – amanah al – bantani pamulang kota tangerang selatan)
Main Author: | Nur Halimah, . |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Pamulang
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unpam.ac.id/3425/1/COVER.docx http://eprints.unpam.ac.id/3425/2/BAB%20I.docx http://eprints.unpam.ac.id/3425/3/BAB%20II.docx http://eprints.unpam.ac.id/3425/4/BAB%20III.docx http://eprints.unpam.ac.id/3425/5/BAB%20IV.docx http://eprints.unpam.ac.id/3425/6/BAB%20V.docx http://eprints.unpam.ac.id/3425/7/JURNAL.docx http://eprints.unpam.ac.id/3425/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Nur Halimah (2013150287) Perbandingan Antara Metode Resitasi Dengan Metode Make A Match Terhadap Hasil Belajar Pada Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Studi Komparasi di SMP Al – Amanah Al – Bantani Jl.Raya Puspitek, Bakti Jaya, Setu, Tangerang Selatan TahunPelajaran 2016/2017). Tujuan penelitian ini yaitu untuk membandingkan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan peserta didik yang diperlakukan dengan metode pembelajran resitasi dengan metode make a match di kelas VII SMP Al – Amanah Al – Bantani Jl.Raya Puspitek, Bakti Jaya, Setu, Tangerang Selatan TahunPelajaran 2016/2017. Adapun objek dalam penelitian ini adalah kelas VII A yang berjumlah 36 peserta didik dan kelas VII D yang berjumlah 36 peserta didik. Data yang terkumpul kemudian di uji menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis untuk mengetahui perbandingan hasil belajar pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Dari hasil pengujian hipotesis diproleh dari perhitungan thitung = 46,33dan t-tabel = 1,667 pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk adalah 35. Berarti t-hitung > t-tabel menunjukkan bahwa Ho ditolak, ini berarti terdapat perbandingan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang signifikan antara peserta didik yang pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran Resitasi dengan metode pembelajaran make a match dikelas VII SMP Al – Amanah Al – Bantani Jl.Raya Puspitek, Bakti Jaya, Setu, Tangerang Selatan TahunPelajaran 2016/2017. Melihat kenyataan tersebut penerapan metode pembelajaran Resitasi lebih tinggi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dibandingkan dengan metode pembelajaran make a match dikelas VII SMP Al – Amanah Al – Bantani Jl.Raya Puspitek, Bakti Jaya, Setu, Tangerang Selatan TahunPelajaran 2016/2017. Kata kunci : Metode Resitasi, Metode Make a Match, Hasil Belajar