Daftar Isi:
  • ABSTRAK Mupikoh. Pengaruh pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar pada pendidikan kewarganegaraan di SMP Muhammadiyah 29 sawangan-depok. Skripsi. SMP Muhammadiyah 29 Sawangan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan ( Pkn ). Universitas Pamulnag 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pengelolan kelas terhadap hasil belajar pada pelajaran pendidikan kewarganegaraan di Smp Muhammadiyah 29 Sawangan yang beralamat Jl.Abd. Wahab No.29 Cinangka, Sawangan, Kota Depok, Telp. (021) 74708650. Penelitian ini dilakukan pada kelas VIII Tahun Ajaran 2016-2017. Populasi target dalam penelitian ini adalah sebanyak 392 populasi terjangkau adalah 125 Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin sebanyak 73 peserta didik yang diambil dengan teknik random sampling. Terdapat dua variabel yaitu penggaruh penggelolaan kelas dan terhadap Hasil Belajar. Metode pengambilan data variabel X mengunakan angket ( kuesioner ) sedangkan variabel Y didapat dari hasil belajar yang diperoleh dari guru Pkn diSMP Muhammadiyah 29 Sawangan. Dilakukan uji persyaratan analisis terlebih dahulu berupa uji normlitas, homogenitas dan linearitas. Uji normalitas dilakukan dengan uji liliefors diperoleh hasil perhitungan untuk variabel X nilai normalitas dilakukan dengan uji liliefors diperoleh hasil perhitungan untuk variabel X nilai Lhitung = (1,137) > Ltabel = (0,228) artinya data tidak berdistribusi normal, sedangkan untuk variabel Y nilai diperoleh Lhitung = (1,089) > Ltabel = (0,228) maka data tidak berdistribusi normal. Dilanjutkan dengan uji homogenitas, diperoleh nilai Fhitung = ( 1,48 ) > Ftabel = (1,48 ) maka datanya homogen. Terakhir dilakukan dengan uji linearitas, diperoleh dari nilai Fhitung = ( -26,95 ) < Ftabel = (1,48) sehingga dapat disimpulkan antara variabel X dan variabel Y adalah Linear. Kemudian dilanjutkan dengan pengujian hipotesis dengan melakukan uji korelasi diperoleh nilai B = ( 8,29) > ( 0 ) maka datanya Positif. dasar pengambilan keputusan arah regresi jika koefisien b berniali positif, maka pengaruh X terhadap Y bersipat positif. Dan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh/ signifikan anatar variabel X dan variabel Y dari hasil analisi diperoleh F hitung = (-0,73) F tabel = ( 1,48 ). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara pengelolaan kelas terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan di SMP 29 Muhammadiyah Sawangan yang beralamat Jl.Abd. Wahab No.29 Cinangka, Sawangan, Kota Depok, Telp. (021) 74708650. Penelitian ini dilakukan pada kelas VIII Tahun Ajaran 2016-2017. Kata Kunci : Pengelolaan Kelas, Hasil Belajar