Pengaruh pembelajaran norma hukum Terhadap sikap disiplin peserta didik (studi korelasi di smp it bina adzkia kota depok tahun ajaran 2016/2017)
Main Author: | Yakub Firdaus, . |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Pamulang
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unpam.ac.id/3418/1/COVER.odt http://eprints.unpam.ac.id/3418/2/BAB%20I.odt http://eprints.unpam.ac.id/3418/3/BAB%20II.odt http://eprints.unpam.ac.id/3418/4/BAB%20III.odt http://eprints.unpam.ac.id/3418/5/BAB%20IV.odt http://eprints.unpam.ac.id/3418/6/BAB%20V.odt http://eprints.unpam.ac.id/3418/7/JURNAL.odt http://eprints.unpam.ac.id/3418/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Yakub Firdaus, 2012150170, Pengaruh Pembelajaran Norma Hukum Terhadap Sikap Disiplin Peserta Didik Di SMP IT Bina Adzkia Kota Depok Tahun Ajaran 2016-2017. Program studi pendidikan pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Pembelajaran Norma Hukum Terhadap Sikap Disiplin Peserta Didik Di SMP IT Bina Adzkia Kota Depok. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di SMP IT Bina Adzkia Kota Depok yang berjumlah 110 peserta didik, sedangkan populasi terjangkau sebanyak 68 peserta didik yaitu seluruh peserta didik kelas VII . Pengambilan sampel menggunakan rumus solvin sebanyak 40 siswa yang diambil secara rendom sampling. Ada 2 (dua) variabel yang dikaji dalam penelitian ini, pembelajaran norma hukum (variabel X) dan sikap disiplin peserta didik (Variabel Y). Sebelum instrumen variabel X dan varibel Y digunakan untuk mengambil data responden, telah terlebih dahulu melalui tahapan uji validitas dan uji reabilitas. Pada uji validitas, jumlah instrumen variabel X yang diuji sebanyak 30 soal dimana yang lolos kevalidannya sebanyak 20 soal. Sedangkan untuk istrumen variabel Y yang berjumlah 30 pernyataan angket, dimana yang lolos kevalidannya 28. Uji persyaratan analisis yang digunakan adalah uji normalitas lilifors dan uji homogenitas. Dalam uji normalitas variabel X (pembelajaran norma hukum), diketahui bahwa data beristribusi normal, hal ini dapaat dilihat dari Lhitung 0,075 ˂ Ltabel 0,127. Dan dalam uji normalitas variabel Y (sikap disiplin), diketahui bahwa data juga berdisribusi normal, hal ini dapat dilihat dari Lhitung -0,267 ˂ Ltabel 0,127. Selanjutnya dilakukan uji persyaratan analisis menggunakan uji homogenitas, dimana diketahui bahwa Fhitung -297,33 < Ftabel 2,46 dengan konskuensinya Ho ditolak atau data homogen. Lalu dilakukan uji linieritas diperoleh nilai Fhitung = 0,0504 ˂ Ftabel = 7,3525sehingga dapat disimpulkan hubungan antara variabel X dan Variabel Y adalah Tidak Linear. Pengujian hipotesis dengan melakukan uji r-korelasi menggunakan rumus spearmen-rank untuk mengetahui pengaruh antara variabel X dengan variabel Y diperoleh untuk nilai Thitung = 25,0657 > Ttabel = 2,7115 (a=0.10 dan dk = 40-2 = 38), dari hasil perhitungan tersebut dapat diketahui adanya hubungan yang signifikan Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran norma hukum terhadap sikap disiplin peserta didik di SMP IT Bina Adzkia Kota Depok yang beralamatkan Jl.H.Nawi Malik Rt.05/05 Kel.Serua Kec.Bojongsari Depok. Kata kunci : pembelajaran norma hukum, sikap Disiplin