Pengaruh perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (studi korelasi di sma bakti idhata cilandak jakarta selatan tahun ajaran 2016/2017)
Main Author: | Ida Hamidah, . |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Pamulang
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unpam.ac.id/3409/1/COVER.docx http://eprints.unpam.ac.id/3409/2/BAB%20I.docx http://eprints.unpam.ac.id/3409/3/BAB%20II.docx http://eprints.unpam.ac.id/3409/4/BAB%20III.docx http://eprints.unpam.ac.id/3409/5/BAB%20IV.docx http://eprints.unpam.ac.id/3409/6/BAB%20V.docx http://eprints.unpam.ac.id/3409/7/JURNAL.docx http://eprints.unpam.ac.id/3409/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Ida Hamidah (2013150187). Pengaruh Perpustakaan Sekolah sebagai Sumber Belajar terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Studi Korelasi di SMA Bakti Idhata Cilandak Jakarta Selatan Tahun Ajaran 2016-2017) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pepustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas X di SMA Bakti Idhata, Cilandak Barat Jakarta Selatan yang beralamat di Jl. Melati No.25 RT.13/RW.10 Cilandak Barat, Cilandak, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12430. Penelitian ini dilakukan pada kelas X MIA 1, X MIA 2, X IIS 1, X IIS 2, X IIS 3, dan X IIS 4 tahun ajaran 2016-2017. Populasi target dalam penelitian ini adalah 293 peserta didik, sedangkan populasi terjangkau adalah sebanyak 187 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dan didapatkan 127 peserta didik. Besarnya sampel dari masing-masing kelas yaitu 22 di kelas X MIA 1, 22 di kelas X MIA 2, 18 di X IIS 1, 22 di kelas X IIS 2, 22 di kelas X IIS 3 dan 20 di kelas X IIS 4. Terdapat dua variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu Perpustakaan Sekolah sebagai Sumber Belajar (variabel X) dan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (variabel Y). Metode pengambilan data pada varaibel X dan variabel Y yaitu dengan menggunakan angket (kuesioner). Sebelum mengambil data dari responden, dilakukan terlebih dahulu uji coba validitas dan reliabilitas yang berguna untuk mengetahui kebenaran instrumen. Uji persyaratan analisis dilakukan dengan uji normalitas Chi Khuadrat. Hasil dari perhitungan uji normalitas pada variabel X dikatakan bahwa data berdistribusi normal, hal ini karena X2hitung 58,7406 lebih kecil dari X2tabel 153,1979. Dan perhitungan pada variabel Y dikatakan bahwa data berdistribusi normal, hal ini karena X2hitung 35,5430 lebih kecil dari X2tabel 153,1979. Dilanjutkan ke dalam uji linearitas antara variabel X dan variabel Y dan diperoleh Fhitung -0,32 < Ftabel 1,55. Sehingga dapat dikatakan bahwa data adalah linier. Kemudian melakukan pengujian hipotesis dengan uji korelasi (N = 127 dengan taraf signifikan α = 0,05 yaitu 0,1802) diperoleh rxy hitung 0,358 lebih besar dari rxy tabel 0,1802. Uji t (N = 127 dengan taraf signifikan α = 0,05 yaitu : 0,1657) diperoleh tthitung 4,287 > ttabel 0,1657. Hasil pengujian memiliki koefisien determinasi sebesar 12,82 % atau 13 % Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa H1 diterima, maka terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Perpustakaan Sekolah sebagai Sumber Belajar terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas X SMA Bakti Idhata Cilandak Jakarta Selatan. Kata Kunci : Perpustakaan Sekolah, Sumber Belajar dan Motivasi Belajar