Hubungan disiplin belajar terhadap hasil belajar dalam pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (studi korelasi siswa/siswi disiplin belajar dengan hasil belajar dalam pembelajaran ppkn di smk muhammadiyah 1 ciputat tahun ajaran 2016/2017)

Main Author: Nuri Winarsih, .
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Pamulang , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unpam.ac.id/3399/1/COVER.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3399/2/BAB%20I.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3399/3/BAB%20II.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3399/4/BAB%20III.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3399/5/BAB%20IV.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3399/6/BAB%20V.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3399/7/JURNAL.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3399/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK NURI WINARSIH (2013150266). Pembimbing: Aeng Muhidin, S.Pd, M.Pd. . Skripsi. Hubungan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Penddikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di SMK Muhamadiyah 1 Ciputat, Tangerang Selatan, Banten (Studi Korelasi Siswa Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar dalam Pembelajaran PPKn di SMK Muhamadiyah 1 Ciputat). Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pamulang. 2017. Kata kunci: disiplin belajar, hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungandisiplin belajar dengan hasil belajar siswa dalam Mata Pelajaran PPKn di SMK Muhammadiyah 1 Ciputat, Tangerang Selatan, Banten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode diskriptif-korelasi. Metode deskriptif digunakan untuk mengetahui hubungan disiplin belajar siswa dengan hasil belajarnya. Instrumen yang digunakan untuk mengukur disiplin belajar adalah dengan menggunakan angket yang terdiri dari 25 soal. Sedangkan untuk mengukur hasil belajar menggunakan nilai Ujian Kenaikan Kelas (UKK) tahun 2016-2017 yang berjumlah 30 soal. Unit analisis adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Ciputat, Tangerang Selatan, Banten. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan soal. Hasil Penelitian tentang data disiplin belajar diperoleh nilai rata-rata disiplin belajar sebesar 85.06, median 86.5, modus 87.9, dan simpangan baku sebesar 7.93 ini berarti disiplin belajar siswa di SMK Muhamadiyah 1 Ciputat, Tangerang Selatan, Banten berada pada tingkat tinggi. Sedangkan untuk data hasil belajar diperoleh nilai rata-rata hasil belajar sebesar 84, medianya 82.7 , modusnya 88.1, dan simpangan bakunya sebesar 4.397. Untuk mengetahui tingkat hubungan antara disiplin belajar dengan hasil belajar digunakan rumus korelasi Spearmen Rank karena hasil penelitian data disiplin belajar bersifat tidak normal dan data hasil belajar bersifat normal, tetapi data disiplin belajar dan hasil belajar bersifat homogen. Dari hasil perhitungan Spearmen Rank, diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0.976637. Dari hasil transformasi nilai rho (koefisien korelasi) menjadi thitung diperoleh nilai thitung sebesar 51.61743, yang berarti nilai korelasi sedang/ berkorelasi. Uji signifikan dilakukan untuk menguji hipotesis, yaitu dengan membandingkan nilai tTabel dengan tHitung. Dengan jumlah sampel 131 pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai tTabel sebesar 1.978524 dan tHitung sebesar 51.61743,berarti tHitung>tTabel maka dari hasil uji signifikan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar. Disiplin belajar memberikan kontribusi kepada hasil belajar sebesar 95.4%. Kontribusi diperoleh dari uji determinasi, uji determinasi berfungsi untuk mengetahui seberapa berat kontribusi data disiplin belajar terhadap hasil belajar. Semakin siswa disiplin dalam belajar maka nilai siswa juga semakin tinggi. Penelitian ini masih ditemukan keterbatasan. Pertama, keterbatasan waktu dalam penelitian. Kedua, masih banyak peserta didik yang kurang menyukai mata pelajaran PPKn. Ketiga, kurangnya pengetahuan dan referensi peneliti sehingga masih banyak kekurangan dalam penelitian ini.