Meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui metode sosiodrama (penelitian tindakan kelas vii.b di mts daarul hikmah pamulang tangerang selatan tahun ajaran 2016/2017)

Main Author: Siti Maemunah, .
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Pamulang , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unpam.ac.id/3396/1/COVER.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3396/2/BAB%20I.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3396/3/BAB%20II.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3396/4/BAB%20III.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3396/5/BAB%20IV.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3396/6/BAB%20V.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3396/7/JURNAL.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3396/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Siti Maemunah,2012150101.Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang 2017. Skripsi: Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Metode Sosiodrama ( Penelitian Tindakan Kelas VII.B di MTS Daarul Hikmah Pamulang Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2016/2017). Penelitian ini dilatar belakangi dari menunjukan bahwa perlu diadakannya penelitian peningkatan motivasi belajar peserta didik, hal ini dikarenakan pada kelas VII.B yang diisi sebanyak 25 peserta didik yang belum banyak memiliki motivasi dalam mengikuti pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Rumusan Permasalahan Penelitian Apakah penerapan Metode Sosiodrama dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas VII.B di MTS Daarul Hikmah Pamulang Tangerang Selatan. Adapun tujuan kegiatan penelitian tindakan kelas ini adalah ; Untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan metode sosiodrama. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : indikator pencapaian antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran 72 %. Pemahaman konsep dari materi yang dipelajari 76%, motivasi peserta didik dalam metode sosiodrama 88%, Kedisiplinan peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran 88% , Menaati peraturan metode sosiodrama 96%. Kata kunci : Motivasi belajar Peserta Didik, Pendidikan Kewarganegaraan, Metode Sosiodrama