Pengaruh tingkat kejenuhan belajar peserta didik terhadap prestasi belajar pendidikan pancasila dan kewarganegaraan studi korelasi di smp pgri 1 ciputat kota tangerang selatan tahun 2017

Main Author: Junisa Berliani Putri, .
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Pamulang , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unpam.ac.id/3393/1/COVER.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3393/2/BAB%20I.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3393/3/BAB%20II.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3393/4/BAB%20III.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3393/5/BAB%20IV.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3393/6/BAB%20V.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3393/7/JURNAL.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3393/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Junisa Berliani Putri. Pengaruh Tingkat Kejenuhan Belajar Peserta Didik Terhadap Presrtasi Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan: Studi Korelasi di SMP PGRI 1 Ciputat Kota Tangerang Selatan Tahun 2017. Skripsi. Kota Tangerang Selatan: Program Studi Pendidikan Pancasilan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pamulang. Maret 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya korelasi antara Tingkat Kejenuhan Belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian ini dilakukan di SMP PGRI 1 Ciputat Kota Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif melalui teknik korelasi dengan populasi target seluruh peserta didik kelas VII, VIII, dan IX SMP PGRI 1 Ciputat yang ada di Kota Tangerang Selatan. Populasi terjangkaunya adalah peserta didik kelas VII dan sampel diambil dari populasi terjangkau dengan jumlah seluruhnya 75 peserta didik dari 292 peserta didik yang diambil dengan cara prosedur proporsional stratified random sampling. Instrument Tingkat Kejenuhan belajar menggunakan angket yang diambil dari 75 responden sedangkan instrument Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan diambil dari hasil belajar peserta didik selama semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 yaitu nilai raport peserta didik sesuai dengan responden yang ada. Tingkat kejenuhan belajar peserta didik tidak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada pengujian hipotesis diperoleh nilai indeks korelasi sebesar rxy = 0,1477 artinya tidak terdapat pengaruh yang kuat atau tinggi antara tingkat kejenuhan belajar peserta didik terhadap prestasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa tingkat kejenuhan belajar peserta didik tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan hal ini menunjukan bahwa tingkat kejenuhan belajar yang rendah ataupun tinggi tidak memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas VII SMP PGRI 1 Ciputat Kota Tangerang Selatan. Kata Kunci : Tingkat Kejenuhan Belajar dan Prestasi Belajar