Materi pendidikan multikulturalisme Dalam membentuk Sikap toleransi peserta didik (study korelasi di smk negeri 2 kota tangerang selatan tahun ajaran 2016- 2017)

Main Author: Indra Gunawan, .
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Pamulang , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unpam.ac.id/3391/1/COVER.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3391/2/BAB%20I.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3391/3/BAB%20II.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3391/4/BAB%20III.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3391/5/BAB%20IV.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3391/6/BAB%20V.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3391/7/JURNAL.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3391/
Daftar Isi:
  • MATERI PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME DALAM MEMBENTUK SIKAP TOLERAN PESERTA DIDIK (Studi Korelasi di SMK Negeri 2 Kota Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2016-1017) ABSTRAK Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh materi pendidikan multikulturalisme dalam membentuk sikap toleransi peserta didik dalam pembelajaran PKKn di SMK Negeri 2 Kota Tangerang Selatan. Metode penelitan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen kuantitatif korelasional. Dari 10 kelas, peneliti mengambil 2 kelas, yaitu kelas X MM2 dan X MM3. Maka diperoleh kelas X MM2 dengan jumlah peserta didik 42,dan dijadikan sebagai kelompok eksperimen yang diberi perlakuan materi pendidikan multikulturalisme dan kelas X MM3 dengan jumlah peserta didik 42, sebagai kelompok kontrol yang tidak diberi perlakuan materi pendidikan multikulturalisme. Sehingga jumlah total peserta didik kedua kelas tersebut 84 siswa. Hasil penelitian ini diketahui bahwa : (1) terdapat pengaruh Materi Pendidikan Multikulturalisme Terhadap Sikap Toleransi Peserta Didik, karena Point Biserial menghasilkan thitung > ttabel, yaitu 48.96 > 0.213 dan dengan rumus Product Moment menghasilkan thitung > ttabel 33.30 > 0.213. Dengan adanya pengaruh yang positif antara Materi Pendidikan Multikulturalisme Dalam Membentuk Sikap Toleransi Peserta Didik, bidang study pendidikan pancasila dan kewarganegaraaan pada peserta didik SMK Negeri 2 Kota Tangerang Selatan. Kontribus materi pendidikan multikulturalisme merupakan sumbangan yang cukup berarti untuk meningkatkan sikap toleransi peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. . Kata kunci : Materi Pendidikan Multikulturalisme, Sikap Toleransi, Peserta Didik, dan Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan