Menggunakan metode sosiodrama pada pelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk membentuk sikap demokratis (penelitian tindakan kelas x-tkj 3 di smk sasmita jaya 2 tangerang selatan tahun ajaran 2016/2017)

Main Author: Halimatussadiyah, .
Format: Lainnya PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Pamulang , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unpam.ac.id/3387/1/COVER.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3387/3/BAB%20I.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3387/4/BAB%20%20II.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3387/5/BAB%20III%20.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3387/6/BAB%20IV.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3387/7/BAB%20V.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3387/8/JURNAL.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3387/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Halimatussadiyah,2012150186, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang 2017. Skripsi: Menggunakan Metode Sosiodrama Pada Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membentuk Sikap Demokratis (Penelitian Tindakan Kelas X-TKJ 3 di SMK Sasmita Jaya 2 Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2016/2017). Penelitian ini dilatar belakangi dari menunjukan bahwa perlu diadakannya penelitian untuk membentuk Sikap Demokratis peserta didik, hal ini dikarenakan pada kelas X-TKJ3 yang diisi sebanyak 35 peserta didik yang belum banyak membentuk Sikap Demokratis dalam mengikuti pembelajaran khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Rumusan Permasalahan Penelitian Apakah penerapan Metode Sosiodrama dapat membentuk sikap demokratis peserta didik pada pelajaran pendidikan kewarganegaraan Kelas X-TKJ 3 di SMK Sasmita Jaya 2 Tangerang Selatan. Adapun tujuan kegiatan penelitian tindakan kelas ini adalah ; Untuk membentuk sikap demokratis dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan metode sosiodrama. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : indikator Antusias peserta didik dalam mengikuti pembelajaran 80%. Pemahaman konsep dari materi yang dipelajari 94,3%, Sikap Demokratis peserta didik dalam metode sosiodrama 97,14% Kedisplinan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran 85,71%, Metode Sosiodrama 97,14%. Kata kunci : Membentuk Sikap Demokrasi , Metode Sosiodrama