Metode brainstorming dengan metode diskusi kelompok terhadap hasil belajar pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (studi komparasi di sma negeri 11 kota tangerang selatan tahun pelajaran 2017/2018)
Main Author: | Meita Nur Hikmah Wati, . |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Pamulang
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unpam.ac.id/3386/1/COVER.docx http://eprints.unpam.ac.id/3386/2/BAB%20I.docx http://eprints.unpam.ac.id/3386/3/BAB%20II.docx http://eprints.unpam.ac.id/3386/4/BAB%20III.docx http://eprints.unpam.ac.id/3386/5/BAB%20IV.docx http://eprints.unpam.ac.id/3386/6/BAB%20V.docx http://eprints.unpam.ac.id/3386/7/JURNAL.docx http://eprints.unpam.ac.id/3386/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Meita Nur Hikmah Wati (2013150223). Pembimbing : Aeng Muhidin, S.Pd., M.Pd. Skripsi. Metode Brainstorming dengan Metode diskusi Kelompok Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewrganegaraan (studi komparasi di SMAN 11 Kota Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2017/2018). Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang. 2017. Kata kunci : metode brainstorming, metode diskusi kelompok, hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar PPKn Peserta didik menggunakan metode brainstorming dengan metode diskusi kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode studi komparasi. Unit analisis adalah sekolah dan partisipan penelitian adalah peserta didik kelas X (sepuluh) di SMA Negeri 11 Kota Tangerang Selatan. Teknik pengambilan data melalui observasi, pengamatan, dan random sampling menggunakan teknik pengumpulan data dengan angket (kuisioner). Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar yang diberikan perlakuan metode brainstorming rendah, dibandingkan dengan hasil belajar yang diberikan perlakuan metode diskusi kelompok. Tidak terbukti terdapatnya perbedaan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada kelas eksperimen menggunakan metode brainstorming dan kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi kelompok. Hal ini menunjukan penggunaan metode brainstorming terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan nilai rata-rata 67.5 sedangkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan yang menggunakan metode diskusi kelompok rata-ratanya 68, maka dapat dilihat bahwa penggunaan metode brainstorming tidak dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan di bandingkan menggunakan metode diskusi kelompok. Hal ini dibuktikan dari data tes hasil belajar diperoleh ttabel<thitung, (Thitung =-0.0118 dan Ttabel = 1.6909).