Perbandingan metode resitasi dengan metode diskusi terhadap hasil belajar peserta didik (studi komparasi di smk letris indonesia 2 kota tangerang selatan)

Main Author: Ahmad Saepuloh, .
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Pamulang , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unpam.ac.id/3380/1/COVER.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3380/2/BAB%20I.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3380/3/BAB%20II.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3380/4/BAB%20III.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3380/5/BAB%20IV.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3380/6/BAB%20V.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3380/7/JURNAL.docx
http://eprints.unpam.ac.id/3380/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Ahmad Saepuloh, 2013150256. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang 2017. Judul Skripsi : PERBANDINGAN METODE RESITASI DENGAN METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. (Studi Komparasi di SMK Letris Indonesia 2 Kota Tangerang Selatan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan metode resitasi dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode diskusi di kelas X SMK Letris Indonesia 2. Metode yang digunakan adalah eksperimen yaitu untuk membandingkan hasil belajar peserta didik yang diperlakukan dengan metode resitasi (kelas eksperimen) dengan metode diskusi (kelas kontrol), Populasi target dalam penelitian ini adalah 1070 peserta didik, sedangkan populasi terjangkaunya adalah sebanyak 238 peserta didik. Dalam pengambilan sampel, penulis mengambil sampel dengan teknik cluster random sampling dan diambil 2 (dua) kelas yang digunakan sebagai sampel, dari dua kelas tersebut yang dijadikan sebagai sampel yaitu kelas X.8 dan kelas X.9. Kemudian penulis menganalisis data hasil penelitian dengan cara editing, scoring dan analisis. Pada hasil pengujian hipotesa diperoleh nilai rata-rata dari hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas ekperimen yaitu 80 dan 75 untuk kelas kontrol dan dalam melakukan uji-t diperoleh nilai 7,008 untuk thitung dan 1,9996 untuk ttabel. Kesimpulan : Terdapat perbedaan yang signifikan antara metode resitasi dengan metode diskusi terhadap hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) peserta didik kelas X di SMK Letris Indoesia 2. Kata Kunci : Metode Resitasi, Metode Diskusi, Hasil Belajar.