Pengaruh pembelajaran norma hukum terhadap kesadaran hukum peserta didik (studi korelasi di smp islam at-taqwa pamulang tahun pembelajaran 2015/2016)
Main Author: | Andrian Pratama, . |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Pamulang
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unpam.ac.id/3379/1/COVER.docx http://eprints.unpam.ac.id/3379/2/BAB%20I.docx http://eprints.unpam.ac.id/3379/3/BAB%20II.docx http://eprints.unpam.ac.id/3379/4/BAB%20III.docx http://eprints.unpam.ac.id/3379/5/BAB%20IV.docx http://eprints.unpam.ac.id/3379/6/BAB%20V.docx http://eprints.unpam.ac.id/3379/7/JURNAL.docx http://eprints.unpam.ac.id/3379/ |
Daftar Isi:
- BSTRAK Andrian Pratama. Pengaruh Pembelajaran Norma Hukum Terhadap Kesadaran Hukum Peserta Didik di SMP Islam At-Taqwa Pamulang. Skripsi. Kota Tangerang Selatan. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Universitas Pamulang. 2017 Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui secara empiris dengan memperoleh data tentang pengaruh pembelajaran norma hukum terhadap kesadaran hukum peserta didik di SMP Islam At-Taqwa Pamulang Kota Tangerang Selatan. Adapun waktu penelitian berlangsung dari bulan April sampai Juni 2016. Metode pendekatan ini menggunakan studi korelasional yang merupakan bagian dari jenis metode penelitian deskriptif kuantitatif. Berdasarkan bentuk data dan metode penelitian maka analisis data adalah menggunakan koefisien korelasi “r” Product Moment. Berdasarkan hasil uji hipotesis penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara pembelajaran norma hukum terhadap kesadaran hukum peserta didik. Hal ini dapat terlihat dari hasil perhitungan linearitas Fhitung = 0,005 lebih kecil dari Ftabel (α = 0,05) = 3,05, berpola linier maka terdapat pengaruh antara pembelajaran norma hukum terhadap kesadaran hukum peserta didik. Tetapi pembelajaran norma hukum tidak berpengaruh signifikan terhadap kesadaran hukum peserta didik, hal ini terlihat dari perhitungan signifikan dimana Fhitung = -1,1103457 lebih kecil dari Ftabel (α = 0,05) = 1,82.