Pengukuran Suhu Gas Buang Dengan Menggunakan Alat Kalorimeter Terhadap Variabel Rpm Mesin Diesel Isuzu Panther C223t
Main Author: | Rifqi Maulana, . |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Pamulang
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unpam.ac.id/3227/1/COVER.docx http://eprints.unpam.ac.id/3227/2/BAB%20I.docx http://eprints.unpam.ac.id/3227/3/BAB%202.docx http://eprints.unpam.ac.id/3227/4/BAB%20III.docx http://eprints.unpam.ac.id/3227/5/BAB%20IV.docx http://eprints.unpam.ac.id/3227/6/BAB%20V.docx http://eprints.unpam.ac.id/3227/7/jurnal.docx http://eprints.unpam.ac.id/3227/ |
Daftar Isi:
- Abstrak Gas buang dari ruang bakar menuju knalpot sejatinya masih memiliki sejumlah energi panas hasil pembakaran, gas buang yang mengalir secara turbulen didalam saluran buang memindahkan energi panasnya ke dinding dalam pipa tembaga pada kalorimeter gas secara konveksi dan konduksi. Dinding dalam pipa tembaga yang menerima panas ini meneruskan panasnya ke dinding luar secara konduksi, dari dinding luar pipa tembaga ini, panas tersebut diteruskan ke air secara konveksi. Mesin yang diujikan adalah mesin diesel Isuzu Panther C233T empat silinder, dengan ruang bakar tipe swirl chamber (tak langsung) dengan diameter 88 (mm), dengan kapasitas 2500 cc. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui suhu pada gas buang dari ruang bakar menuju knalpot dan dari ujung knalpot, serta perpindahan panas dengan menggunakan alat kalorimeter terhadap perubahan variabel rpm, dimana percobaan alat kalorimeter diletakan pada knalpot, parameter yang diukur dalam penelitian ini adalah suhu dari ruang bakar menuju ke knalpot, dan dari ujung knalpot. Dari penelitian ini diperoleh hasil tertinggi dari Rpm 1300, suhu dari ruang bakar menuju ke knalpot yaitu 285 ̊C, dan suhu pada ujung knalpot yaitu 255 ̊C, sedangkan suhu terendah dari Rpm 800, suhu dari ruang bakar menuju ke knalpot yaitu 185 ̊C, dan suhu pada ujung knalpot yaitu 155 ̊C. Pada alat ukur kalorimeter diperoleh hasil tertinggi dari Rpm 1300, suhu air input yaitu 28 ̊C, dan suhu air output yaitu 105 ̊C, sedangkan suhu terendah pada rpm 800, suhu air input yaitu 28 ̊C, dan suhu air output yaitu 55 ̊C. Dengan semakin tinggi rpm semakin tinggi juga suhu yang dikeluarkan dari ruang bakar menuju ke knalpot dan dari ujung knalpot. Kata kunci : gas buang, kalorimeter gas, konduksi, konveksi.