Pengukuran emisi gas buang Bahan bakar bio solar dan solar (mesin diesel)
Main Author: | Muridan, . |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Pamulang
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unpam.ac.id/3094/1/cover%20%20SKRIPSI%201.docx http://eprints.unpam.ac.id/3094/2/bab%201.docx http://eprints.unpam.ac.id/3094/3/BAB%20II%20revisi%20jadi%20fix.docx http://eprints.unpam.ac.id/3094/4/BAB%203.docx http://eprints.unpam.ac.id/3094/5/BAB%20IV%20REVISI%20FIX.docx http://eprints.unpam.ac.id/3094/6/BAB%20V%20revisi%20fix.docx http://eprints.unpam.ac.id/3094/7/JURNAL%20SKRIPSI%20muridan.docx http://eprints.unpam.ac.id/3094/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK PENGUKURAN EMISI GAS BUANG BAHAN BAKAR BIO SOLAR DAN SOLAR (MESIN DIESEL 2300 CC) Polusi kendaraan bermotor menjadi permasalahan yang sangat penting untuk diatasi Gas buang mesin diesel sangat banyak mengandung partikulat karena banyak dipengaruhi oleh faktor dari bahan bakar yang tidak bersih. Salah satu usaha dalam menurunkan emisi gas buang yaitu memodifikasi bahan bakar. Penelitian ini menggunakan studi komparasi emisi gas buang diesel Nissan yang berbahan bakar campuran solar dan biodiesel minyak sawit dan solar murni. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, objek penelitian adalah mesin diesel Nissan. Bahan bakar yang digunakan adalah solar murni, dan campuran bio solar 5% (B5),bio solar 10% (B10),bio solar 15% (B15) dan bio solar 20% (B20). Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan emisi gas buang Diesel Nissan yang berbahan bakar campuran biodiesel dan solar dengan solar murni. Dengan menggunakan putaran mesin 1000 rpm, 1500 rpm, 2000 rpm, 2500 rpm, 3000 rpm, dengan range putaran 500 rpm.Analisis data dilakukan dengan metode deskripsi dengan memvariasikan rpm pada beban penuh. Hasil Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh besarnya persentase campuran bahan bakar bio solar dan solar, terhadap emisi gas buang pada berbagai variasi kecepatan putar mesin (rpm). Dalam percobaan menggunakan Engine Test Bed, dimana mesin diletakkan pada suatu bantalan yang kemudian poros output mesin dihubungkan dengan sebuah poros dinamometer. Parameter yang diukur dalam penelitian ini adalah Emisi Gas Buang, meliputi : CO, dan HC. Bahan bakar yang digunakan adalah solar murni, dan campuran bio solar. Dari penelitian, diperoleh hasil bahwa Emisi Gas Buang CO terendah, terjadi pada bahan bakar B10 dan HC terendah pada bahan bakar B20. Kata Kunci : bio solar,solar dan emisi.