Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Bisma Narendra secara parsial maupun secara simultan. Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan asosiatif. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah proporsional random sampling menggunakan metode teknik sensus atau sampling jenuh dengan sampel sebanyak 100 responden. Alat analisis menggunakan pengujian instrumen, pengujian kelayakan data, pengujian regresi, pengujian koefisien korelasi dan determinasi serta pengujian hipotesis. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan tingkat hubungan sebesar 0,530 artinya memiliki hubungan atau pengaruh yang sedang dengan kontribusi pengaruh sebesar 28,1%. Pengujian hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (6,182 > 1,985) dan probability 0,000 < 0,05 H1 diterima artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan tingkat hubungan sebesar 0,605 artinya memiliki hubungan atau pengaruh yang kuat dengan kontribusi pengaruh sebesar 36,6%. Pengujian hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (7,516 > 1,985) dan probability 0,000 < 0,05 H1 diterima artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara harga terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan tingkat hubungan sebesar 0,604 artinya memiliki hubungan atau pengaruh yang kuat dengan kontribusi pengaruh sebesar 36,5%. Pengujian hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (7,501 > 1,985) dan probability 0,000 < 0,05 H1 diterima artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayananterhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji simultan kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan tingkat hubungan sebesar 0,701 artinya memiliki hubungan atau pengaruh yang kuat dengan kontribusi pengaruh sebesar 49,2%. Pengujian hipotesis diperoleh F hitung > F tabel atau (30,992 > 2,700) dan F probability 0,000 < 0,05 sehingga H1 diterima artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas produk, harga dan kualitas pelayanan secara simultan terhadap kepuasan pelanggan. Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan.