Daftar Isi:
  • ABSTRAK Analisis Rasio Likuiditas Untuk Mengukur Kinerja Keuangan Pada PT. Unilever Indonesia, Tbk Oleh : Santi Suwandi (2013051529) Dalam menjalankan usahanya PT. Unilever Indonesia, Tbk tidak lepas dari masalah keuangan, karena berhasil atau tidaknya perusahaan tergantung pada kondisi keuangan perusahaan yang disusun dalam laporan keuangan. Salah satu analisis yang dapat digunakan untuk mengetahui keadaan keuangan perusahaan adalah analisis rasio keuangan. Dimana tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan PT. Unilever Indonesia, Tbk pada periode tahun 2007 sampai dengan tahun 2016, berdasarkan analisis rasio likuiditas dengan indikator current ratio, quick ratio dan cash ratio. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah, metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Dimana metode ini adalah metode yang mengemukakan keadaan perusahaan berdasarkan data yang tersedia, kemudian data yang di peroleh diolah kembali dan di analisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel (sampling) yang digunakan adalah non probability sampling dan jenisnya menggunakan purposive sampling. Selain itu populasi yang digunakan adalah seluruh data perusahaan PT. Unilever Indonesia Tbk, mulai tahun 2007 – 2016. Berdasarkan hasil dari penelitian dapat dilihat bahwa hasil perhitungan dari rasio likuiditas dengan indikator current ratio memiliki rata-rata keseluruhan sebesar 79,66% atau <200%, sedangkan pada quick ratio memiliki nilai rata-rata keseluruhan sebesar 49,43% atau <150% dan pada cash ratio memilik nilai rata-rata keseluruhan sebesar 10,34% atau <50%. Sehingga Rasio Likuiditas dapat dikatakan dalam kondisi kurang baik, atau dapat pula dikatakan kinerja keuanagn perusahaan dalam kondisi tidak sehat karena masih berada dibawah standar industri. Hal ini menunjukan bahwa perusahaan belum mampu memenuhi kewajiban jangka pendeknya. Kata kunci : Rasio Likuiditas, Kinerja Keuangan, PT. Unilever Indonesia, Tbk