Daftar Isi:
  • ABSTRAK Pendidikan terhadap anak usia dini harus dilakukan sedini mungkin, terutama pengenalan makanan bervitamin seperti sayuran, buah-buahan serta pengenalan hewan. Namun selama ini anak sulit mempelajarinya karena pengenalan tersebut masih menggunakan media kertas bergambar. Karena itu dibutuhkan media penyampaian untuk anak maka banyak bermunculan media edukasi yang diharapkan bisa mendidik anak dengan berbagai macam cara. Dengan teknologi Augmented Reality (AR), suatu benda yang sebelumnya hanya dapat dilihat secara dua dimensi, dapat muncul sebagai objek virtual yang dimasukkan ke dalam lingkungan nyata secara real-time. Konsep dari aplikasi ini dengan metode markerless dimana dalam aplikasi penerapan augmented Realty pada gambar dua dimensi hewan, sayuran dan buah-buahan ini telah dapat digunakan sebagai marker. Pemanfaatan Augmented Reality sebagai alat untuk mengedukasi anak, ini akan memberikan pandangan baru terhadap media edukasi yang ada pada saat ini, bukan hanya menggunakan objek secara nyata tapi juga bisa digunakan objek berbentuk virtual dalam penyampaian informasi. Nilai tambah dari media ini adalah mempermudah penyampaian dan membuat informasi semakin menarik terutama bagi anak usia dini. Kata kunci : Augmented Reality, hewan, sayuran, buah-buahan, markerless, edukasi