Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Profitabilitas dan Implikasinya Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Industri Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Periode 2012-2016)

Main Author: Risa Lutfitasari, .
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Pamulang , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unpam.ac.id/2284/1/COVER.docx
http://eprints.unpam.ac.id/2284/2/BAB%20I.docx
http://eprints.unpam.ac.id/2284/3/BAB%20II.docx
http://eprints.unpam.ac.id/2284/4/BAB%20III.docx
http://eprints.unpam.ac.id/2284/5/BAB%20IV.docx
http://eprints.unpam.ac.id/2284/6/BAB%20V.docx
http://eprints.unpam.ac.id/2284/7/JURNAL.docx
http://eprints.unpam.ac.id/2284/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Ukuran Perusahaan pada industri makanan dan minuman, untuk mengetahui Leveragepada industri makanan dan minuman, untuk mengetahui Profitabilitas pada industri makanan dan minuman dan untuk mengetahui pengaruh Ukuran Perusahaan,Leverage dan Profitabilitasterhadap Nilai Perusahaan baik secara parsial maupun secara simultan dalam kurun waktu 5 (lima) tahun terakhir dari tahun 2012-2016. Populasi penelitian adalah industri makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 7 perusahaan. Analisis data dilakukan dengan Regresi Data Panel dan uji hipotesis serta uji asumsi klasik dengan bantuan software EViews 9.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil ujisecara parsial Ukuran Perusahaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Profitabilitas dengan koefisien 0,028466. Leverage berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Profitabilitas dengan koefisien-2,99E-05. Ukuran Perusahaan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan dengan koefisien-0,228668. Leverage berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan dengan koefisien-0,000244. Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan dengan koefisien10,64585. Secara simultan Ukuran Perusahaan dan Leverage berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Profitabilitas dengan tingkat keyakinan sebesar 10,03%. Ukuran Perusahaan dan Leverage berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Nilai Perushaan dengan tingkat keyakinan sebesar 1,41%. Ukuran Perusahaan, Leverage dan Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perushaaan dengan tingkat keyakinan sebesar 51,56% . Kata kunci : Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas dan Nilai Perusahaan.