Pengaruh Model Pembelajaran Coopertive Script Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Mata Pelajaran Ips Kelas Viii Mts Daarul Hikmah Pamulang

Main Author: M. Abdillah, .
Format: Lainnya NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Pamulang , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unpam.ac.id/2129/1/COVER.docx
http://eprints.unpam.ac.id/2129/2/BAB%20I.docx
http://eprints.unpam.ac.id/2129/3/BAB%20II.docx
http://eprints.unpam.ac.id/2129/4/BAB%20III.docx
http://eprints.unpam.ac.id/2129/5/BAB%20IV.docx
http://eprints.unpam.ac.id/2129/6/BAB%20V.docx
http://eprints.unpam.ac.id/2129/7/JURNAL.docx
http://eprints.unpam.ac.id/2129/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Abdillah,M. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Di MTs Daarul Hikmah Pamulang. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang. Pembimbing Dameis Surya Anggara, S.Pd., M.Pd Kata Kunci:Model Pembelajaran Cooperative Script, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Cooperative Script terhadap hasil belajar kognitif siswa dalam mata pelajaran IPS, Penelitian ini mengkaji tentang proses pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif dalam hal ini siswa bertindak sebagai objek utama penelitian. Data yang dihasilkan pada penelitian ini adalah hasil pretest dan posttest. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah MTs Daarul Hikmah Pamulang dari bulan Oktober 2017. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.5 MTs Daarul Hikmah Pamulang dengan jumlah sampel 25 siswa yang merupakan bagian dari populasi yang jumlahnya 252 siswa MTs Daarul Hikmah Pamulang. Berdasarkan pada hasil penelitian output one sampel test menunjukan bahwa nilai sig rata-rata Hasil Belajar siswa sebelum diajarkan dengan model pembelajaran Cooperative Script 0,00 < 0,05 yang artiya H1 diterima maka dapat disimpulkan prestasi belajar siswa sebelum diajarkan model Cooperative Script tidak sama dengan 70 melaikan 41,04 berkategori E. Hasil penelitian output one sampel test nilai sig rata-rata Hasil Belajar siswa sesudah diajarkan dengan model pembelajaran Cooperative Script 0.599 > 0,05 yang artiya Ho diterima maka dapat disimpulkan hasil belajar kognitif siswa sesudah diajarkan Cooperative Script sama dengan 70 secara statistik 71,01 berkategori B. Pada penelitian ini di peroleh hasil penelitian Paired samples test nilai sig 0,00 < 0,05 yang artinya H1 diterima maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan terhadap prestasi siswa dalam pembelajaran mata pelajara MTs Daarul Hikmah Pamulang, di lihat dari Berdasarkan output paired samples statistic yaitu nilai sebelum diberi perlakuan dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray 41,04 dan setelah diberi perlakuan dengan model pembelajaran Cooperative Script 71,64. Hal tersebut dikarenakan siswa ketika proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran tesebut.