Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh biaya promosi program white bonus diapet (variabel x) terhadap tingkat penjualan (variabel y) pada PT. Soho Industri Pharmasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif analisis kuantitatif. Untuk mendapatkan data dilakukan adalah dengan wawancara, studi dokumentasi dan observasi langsung dilapangan sehingga diperoleh data biaya promosi white bonus diapet dan penjualan produk diapet selama 5 tahun (2012-2016). Dari hasil penelitian statistik diperoleh persamaan regresi sederhana persamaan Y = 36.930 + 1,01X dimana jika biaya promosi program white bonus diapet (x) nilainya 0, maka tingkat penjualan (y) nilainya 36.930. Koefisien regresi variabel biaya promosi program white bonus diapet (x) sebesar 1,01, artinya jika biaya promosi program white bonus diapet mengalami kenaikan 1, maka tingkat penjualan akan mengalami kenaikan sebesar 1,01. Koefisien bernilai positif yaitu terjadi hubungan positif antara variabel x dan y. Artinya dengan adanya biaya promosi program white bonus diapet (x) yang ditetapkan oleh perusahaan maka tingkat penjualan (y) dalam hal ini adalah mengalami kenaikan dan sebaliknya jika perusahaan tidak membuat dan menetapkan biaya promosi program white bonus diapet, maka tingkat penjualan akan mengalami penurunan. Berdasarkan analisis korelasi yang dilakukan terdapat pengaruh yang positif sangat kuat antara biaya promosi program white bonus diapet dengan tingkat penjualan dengan nilai r = 0.89. Kontribusi biaya promosi program white bonus diapet terhadap tingkat penjualan sebesar 79,61% sedangkan 20,39 dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Tingkat signifikansinya adalah signifikan, hal ini dapat dilihat dari hasil uji thitung  ttabel (3,423  3,182) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara biaya promosi program white bonus diapet terhadap tingkat penjualan pada PT. Soho Industri Pharmasi. Kata Kunci : Biaya Promosi dan Tingkat Penjualan