Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi, untuk mengetahui kinerja guru dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara kompetensi terhadap kinerja guru di SMK Negeri 1 Tangerang yang beralamat di Jl. Perintis Kemerdekaan II Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif induktif/ inferensi yaitu menggunakan data sampel untuk membuat estimasi, keputusan, prediksi atau generalisasi mengenai populasi dan analisa menggunakan alat SPSS 21. Penelitian dalam hal ini untuk mengetahui adanya hubungan antara Variabel Bebas (X) yaitu Kompetensi dan Variabel Terikat (Y) yaitu Kinerja Guru dengan pengujian hipotesis (uji t). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMK Negeri 1 Tangerang. Adapun data yang diperoleh dari kuesioner dengan jumlah sampel (responden) sebanyak 65 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik studi kepustakaan, observasi, wawancara, dan penyebaran angket (kuesioner). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisi koefisien korelasi, uji regresi linear sederhana dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara Kompetensi terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri 1 Tangerang. Hal ini terbukti dari analisis koefisienkorelasi, nilai R adalah sebesar 0,795 yang menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang kuat. Dari perhitungan koefisien determinasi diperoleh yang disesuaikan sebesar 0,626 yang berarti sebanyak 62,6% variasi dependen (Kinerja) bisa dijelaskan atau dipengaruhi oleh variasi independen (Kompetensi). Sedangkan sisanya sebesar 37,4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel yang diteliti. Melalui perhitungan regresi linear sederhana diperoleh nilai Y = 0,636 + 0,861X Konstanta sebesar 0,636 yang artinya bahwa jika tidak ada kenaikan nilai dari variabel kompetensi maka nilai kinerja guru(Y) adalah 0,636. Koefisien regresi 0,861 menyatakan bahwa setiap penambahan (karena tanda +) satu skor atau nilai kompetensi akan memberikan peningkatan skor sebesar 0,861. Sedangkan dari uji hipotesis didapat nilai 10,316>1,99897 artinya H1 diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa kompetensi (X) berpengaruh terhadap kinerja guru (Y) di SMK Negeri 1 Tangerang. Kata kunci : Kompetensi dan Kinerja Gur