Tindak Tutur Ilokusi Dalam Iklan Di Radio Female 97.9 Fm Jakarta (Kajian Pragmatik) ( Skripsi Sastra Indonesia S1, 2016 )
Main Author: | Astuti, . |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Pamulang
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unpam.ac.id/1285/1/COVER.docx http://eprints.unpam.ac.id/1285/2/BAB%20I.docx http://eprints.unpam.ac.id/1285/3/BAB%20II.docx http://eprints.unpam.ac.id/1285/4/BAB%20III.docx http://eprints.unpam.ac.id/1285/5/BAB%20IV.docx http://eprints.unpam.ac.id/1285/6/BAB%20V.docx http://eprints.unpam.ac.id/1285/7/JURNAL.docx http://eprints.unpam.ac.id/1285/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mendeskripsikan jenis tindak tutur ilokusi, mendeskripsikan makna tindak tutur ilokusi, dan wujud tindak tutur ilokusi dalam iklan di radio FeMale 97.9 FM JAKARTA. Setiap tuturan yang digolongkan berdasarkan jenis tindak tutur ilokusi. Bentuk tindak tutur tergantung pada konteks pada saat tuturan itu diucapkan. Wujud tindak tindak tutur dapat digolongkan berdasarkan fungsinya yaitu: berwujud kalimat berita, kalimat perintah, kalimat tanya, dan kalimat seru. Penelitian ini menggunakan teori Austin dan Searle tentang tindak tutur ilokusi serta mendeskripsikan jenis tindak tutur di antarannya tindak tutur asertif, tindak tutur komisif, tindak tutur direktif, tindak tutur ekspresif, tindak tutur deklaratif. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif karena data tidak mengutamakan angka-angka, tetapi mengutamakan interaksi antarkonsep yang sedang dikaji. Pengumpulan data dengan menggunakan metode simak, dengan teknik-teknik: partisipatori, simak bebas bebas libat cakap, rekam, dan catat. Kesimpulan yang dapat penulis tarik ialah setiap tuturan menimbulkan efek berupa tindakan atau hanya sekadar memberikan sebuah informasi pendengar atau lawan tutur.