Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tour Planning Dan Tour Guiding Melalui Metode Outdoor Study Bagi Guru/Peserta Diklat Usaha Perjalanan Wisata (Study Kasus di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bisnis dan Pariwisata)
Main Authors: | Etty Sulistyawati, ., Dayat Hidayat, ., Sarwani, . |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Pamulang
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unpam.ac.id/1282/1/Jurnal%20inovasi%2C%20Vol.1%20No.2%20Desember%202014.doc http://eprints.unpam.ac.id/1282/ |
Daftar Isi:
- Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tour Planning Dan Tour Guiding Melalui Metode Outdoor Study Bagi Guru/Peserta Diklat Usaha Perjalanan Wisata (Study Kasus di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bisnis dan Pariwisata). Tujuan penelitian tindakan diklat ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar terhadap materi tour planning dan tour guiding melalui metode pembelajaran outdoor study pada diklat usaha perjalanan wisata tingkat lanjutan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan disain penelitian tindakan (Action Research). Artinya penelitian tindakan diklat ini dilakukan karena memberikan kerangka kerja yang teratur kepada pemecahan masalah praktis. Penelitian tindakan diklat juga bersifat empiris karena mengandalkan observasi nyata dan data perilaku. Penelitian tindakan diklat mendiagnosis suatu masalah dalam konteks tertentu dan usaha untuk memecahkan masalah dalam konteks tersebut. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik tes, observasi, wawancara dan diskusi. Penerapan metode outdoor study dapat meningkatkan aktivitas peserta diklat usaha perjalanan wisata yang mencapai 84,84% setelah pelaksanaan pembelajaran pada siklus II dibandingkan sebelumnya pada siklus I yaitu : 59 % dan pada kondisi awal : 29 %. Sedangkan untuk hasil belajar peserta diklat yang pada kondisi awal 62, pada siklus I mencapai 73 dan pada siklus II menjadi rata-rata 86,75. Pembelajaran dengan penerapan metode outdoor study secara bersama-sama dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta diklat pada siklus I dan siklus II, terbukti meningkatnya prosentase aktivitas belajar peserta diklat seiring dengan meningkatnya rata-rata hasil belajar. Dengan metode outdoor study pembelajaran mata diklat tour planning dan tour guiding menjadi lebih menyenangkan.