Analisa Kinerja Sistem Antrian Untuk Pelayanan Service Motor Yamaha Dengan Metode Distribusi Eksponensial (Studi Kasus Di Bengkel Resmi Indomotor Yamaha)

Main Authors: Dadang Kurnia, ., Edwin Selamet Rizqi, .
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Fakultas Teknik Dan Fakultas MIPA , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unpam.ac.id/1173/1/Teknologi%2C%20jurnal%20ilmiah%20dan%20Teknologi%2C%20Vol.%209%20No.%2023-%20Februari%202013.pdf
http://eprints.unpam.ac.id/1173/
Daftar Isi:
  • PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing adalah produsen sepeda motor dengan merk Yamaha di Indonesia. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing memberikan garansi tiga tahun bagi setiap pembelian sepeda motor Yamaha sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan. Untuk mendapatkan pelayanan garansi sepeda motor Yamaha, pemilik sepeda motor harus melaksanakan service gratis dan service berkala selama tiga puluh enam bulan sesuai jadwal yang telah ditentukan di bengkel-bengkel resmi yang telah ditunjuk. Bengkel resmi Yamaha melayani perawatan sepeda motor Yamaha yang sudah melebihi masa garansi demi keawetan, kenyamanan, dan keamanan berkendara dengan Rata – rata tingkat kedatangan 7,67 unit / jam dan rata-rata tingkat pelayanan 2 unit/jam dengan distribusi eksponensial 0.999999782 dengan tingkat keyakinan 5%. Tingkat kesibukan mekanik sebesar 63,9%, dan Probabilitas dari 6 mekanik menganggur sebesar 0.0095. Dilakukan usulan terhadap penambahan mekanik, probabilitas yang dihasilkan dari penambahan server sebanyak 7 dan 8 mekanik menunjukan probabilitas yang semakin kecil, dari 6 mekanik dalam sistem pelayanan antrian yang diterapkan menunjukan nilai yang efektif. Kata Kunci: Sistem Antrian, Distribusi Eksponensial Dan Poisson