Analisa Strategi Bersaing Pemasaran Produk PT Power Sumber Solusindo
Main Authors: | Ahmad Nurhadi, ., Dayat Hidayat, ., Edi Sukarjono, . |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Pamulang
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unpam.ac.id/1170/1/INOVASI%2C%20Jurnal%20Ilmiah%20Ilmu%20Manajemen%20Vol.2%20NO.3%202015.doc http://eprints.unpam.ac.id/1170/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran apa yang dapat dilakukan pada PT Power Sumber Solusindo terhadap strategi pemasaran yang sudah dijalankan dengan mempertimbangkan faktor-faktor Internal dan faktor-faktor Eksternal pada lingkungan Perusahaan, dan untuk meningkatkan daya saing dalam pemasaran produk pada lingkungan perusahaan Oil dan Gas di Indonesia, sehingga menghasilkan keuntungan yang maksimal. Metode penelitian yang digunakan dalam Tesis ini adalah model penelitian deskriptif, dengan menggunakan analisa terhadap faktor internal, eksternal dan analisa melalui Matriks BCG dan analisa SWOT. Metode matriks BCG digunakan untuk mengetahui tingkat pertumbuhan pasar pada PT. Power Sumber Solusindo dan mempunyai target pertumbuhan sebesar 11.85%, dan untuk pangsa pasar memiliki kemampuan bersaing lebih dibanding dengan pesaing. Hasil analisa SWOT pada PT Power Sumber Solusindo menghasilkan bahwa strategi yang tepat pada PT Power Sumber Solusindo adalah dengan melakukan 3 langkah yaitu dengan Strategi Pertumbuhan Pasar ( Market Growth Strategy ), Strategi Pangsa Pasar ( Market Share Startegy ), Strategi Perluasan Pasar ( Expansion Strategy ). Penelitian ini menyimpulkan bahwa Strategi bersaing pemasaran produk yang dapat digunakan adalah dengan melakukan investasi untuk memperkuat posisi dominannya dalam pasar yang sedang tumbuh, dan memperdalam daya penetrasi ke pasar yang telah dikuasai untuk mempercepat pertumbuhan pemasaran, serta dengan membuat kerjasama dengan principal untuk kemudahan mendapatkan produk dengan harga yang kompetitif. Kata Kunci : Strategi Bersaing, Pemasaran, Produk, PT Power Sumber Solusindo