Evaluasi Penerapan Strategi Di Divisi Manufacturing Garudafood Group Dengan Menggunakan Kerangka Kerja Balanced Scorecard
Main Author: | Anom Susilo, . |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Pamulang
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unpam.ac.id/1064/1/KREATIF.%20jurnal%20ilmiah%20Prodi%20Manajemen%20SI%2C%20Vol.3%20No.1%20Oktober%202015.pdf http://eprints.unpam.ac.id/1064/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pencapaian sasaran strategik dari GarudaFood yang tercantum di strategy map dilihat dari keempat perspektif Balanced Scorecard. Kemudian penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang mendorong dan menghambat pencapaian dari setiap sasaran strategik. Penelitian ini juga merumuskan solusi- solusi yang bisa dilakukan oleh GarudaFood untuk memperbaiki kinerjanya. Langkah dalam mengevaluasi pencapaian sasaran strategik dari GarudaFood menggunakan keempat perspektif Balanced Scorecard ini dimulai dengan memahami pengertian dari setiap sasaran strategik. Setelah itu dicari data pencapaian dari masing-masing sasaran strategik sesuai pengukuran dan target yang telah ditetapkan sebelumnya. Dari sasaran-sasaran strategik kunci ditelusuri faktor-faktor pendorong tercapainya target sedangkan untuk sasaran-sasaran strategik yang belum mencapai target ditelusuri faktor- faktor penghambatnya. Setelah itu dirumuskan dan diusulkan solusi yang bisa dilakukan oleh GarudaFood untuk memperbaiki kekurangan yang ada. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa penerapan strategi dari GarudaFood belum optimal berdasarkan hasil yang dicapai. Faktor pendorong dari tercapainya sebagian sasaran strategik antara lain karena kapasitas produksi yang ada di pabrik sudah mencukupi. Sedangkan faktor penghambat dari tidak tercapainya target dari sebagian sasaran strategik adalah adanya kenaikan harga bahan baku, GarudaFood belum bisa memenuhi persyaratan regulasi dari negara tujuan dan belum konsistennya kualitas produk. Kata kunci: Balanced Scorecard, sasaran strategik, pengukuran, target, manajemen strategi.