Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah terhadap pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Hipotensi penelitian yang diuji adalah pengaruh yang lemah antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap Kinerja Guru di SMPN 18 Kota Tangerang Selatan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui study pendekatan teoritis terhadap data yang diperoleh. Study lapangan dengan melakukan observasi, wawancara dan kuisioner/angket digunakan untuk mengumpulkan data melalui pernyataan/jawaban. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah analisa kuantitatif yaitu dengan mendeskripsikan keadaan responden serta penelitian variabel kepemimpinan maupun kinerja guru menggunakan kuisioner. Variabel kepemimpinan maupun kinerja guru dengan menggunakan kuisioner. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru yang berada di SMPN 18 Kota Tangerang Selatan. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, maka dengan penelitian yang penulis pergunakan adalah korelasi sederhana dengan program Microsoft Exel. berdasarkan hasil perhitungan antara variabel kepemimpinan kepala sekolah (X)dan kinerja guru (Y) terhadap hubungan positif yang kuat(r=0, 605),dari t hitung sebesar 5,88 lebih besar dari t tabel sebesar 2,02 maka antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru adalah sangat signifikan. Korelasi berpengaruh sangat kuat antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dengan memiliki nilai r=0,605, sedangkan fakta 22 determinasi sebesar 36.60% atau r=0,605 yang artinya variabel (X) berpengaruh terhadap variabel (Y) sebesar 36,60% sedangkan 63,4% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Hasil penelitian ini dapat memberikan masukan atau informasi kepada sekolah SMPN 18 Kota Tangerang Selatan bahwa kepeminpinan kepala sekolah sangat mempengaruhi kinerja guru. Kata: Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru