Pengaruh kualitas pelayanan (Ticketing) terhadap Loyalitas pelanggan pada Mutiara Trever di Jakarta. (Skripsi Manajemen 2015)
Main Author: | Ilham, . |
---|---|
Format: | Lainnya NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Pamulang
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unpam.ac.id/1018/1/Cover.pdf http://eprints.unpam.ac.id/1018/2/Jurnal.pdf http://eprints.unpam.ac.id/1018/3/Skripsi%20Manajemen%20BAB%20I.pdf http://eprints.unpam.ac.id/1018/4/Skripsi%20Manajemen%20BAB%20II.pdf http://eprints.unpam.ac.id/1018/5/Skripsi%20Manajemen%20BAB%20III.pdf http://eprints.unpam.ac.id/1018/6/Skripsi%20Manajemen%20BAB%20IV.pdf http://eprints.unpam.ac.id/1018/7/Skripsi%20Manajemen%20BAB%20V.pdf http://eprints.unpam.ac.id/1018/ |
Daftar Isi:
- Loyalitas pelanggan merupakan ukuran keberhasilan dalam usaha pelayanan jasa. Pelanggan akan merasa jauh lebih puas manakala dapat memenuhi kebutuhan konsumen jauh melebihi apa yang diharapkan. Ini sangat bergantung pada kualitas layanan dari pada para pegawai dalam memberikan pelayanan. Demikian halnya dengan Mutiara Travel yang menekankan penilaian keberhasilan pemberian pelayanan pada pelanggan melalui pendapat pelanggan yang diisi oleh para tamu. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada Mutiara Travel. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik survey. Metode ini dilakukan dengan cara mengumpulkan dan memperoleh informasi dan data melalui kuesioner yang akan dibagikan kepada responden. Teknik yang dipakai dalam pengukuran kuesioner menggunakan agree-disagree scale. Skala ini mengembangkan pertanyaan yang menghasilkan setuju – tidak setuju dalam berbagai rentang nilai. Berdasarkan hasil penelitian pengaruh variabel independen yaitu kualitas pelayanan memiliki pegaruh yang signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan di Mutiara Travel, hal ini telihat dari hasil dari uji t diperoleh thitung = 4,5152 dan tα = 2,0106 . thitung (4,5152) > ttabel (2,0106) dengan demikian kriteria pengujian yang dapat diterima adalah thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima sehingga hipotesis yang diterima adalah “terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada Mutiara Travel. Berdasarkan hasil penghitungan koefisien determinasi adalah 29,81% maka kualitas pelayanan memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan yaitu sebesar 29,81% dan sisanya 70,19% dipegaruhi oleh faktor-faktor lainnya. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh persamaan Y=7,747+0,367X, dari persamaan tersebut dapat disimpulkan bahwa setiap penambahan 1 (satu) unit variabel bebas kualitas pelayanan akan meningkatkan nilai variabel terikat loyalitas pelanggan sebesar 0,367. Kualitas pelayanan berdampak positif pada upaya peningkatan loyalitas pelanggan pada Mutiara Travel sehingga tujuan perusahaan utama yaitu meningkatkan penjualan akan mencapai target yang ditentukan. Kata kunci: kualitas pelayanan, loyalitas pelanggan