Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja peserta diklat pada Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perdagangan (Pusdiklat Perdagangan-Kemendag). Dengan hipotesis yang di uji adalah Ho:r_xy=0 (Tidak terdapat pengaruh yang signifikan pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja peserta diklat pada Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perdagangan (Pusdiklat Perdagangan-Kemendag) dan Ha:r_xy≠0, (Terdapat pengaruh yang signifikan pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja peserta diklat pada Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perdagangan (Pusdiklat Perdagangan-Kemendag). Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini diantaranya observasi, wawancara dan penyebaran angket (kuesioner) yang berisi 10 pernyataan terkait variabel pendidikan dan pelatihan dan 10 pernyataan terkait variabel kinerja peserta diklat kepada 50 responden yang juga merupakan peserta diklat pada Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perdagangan (Pusdiklat Perdagangan-Kemendag). Metode analisis yang digunakan diantaranya yaitu dengan menggunakan analisis koefisien korelasi Pearson Product Moment, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis. Dengan pengujian hipotetsis dilakukan dengan membandingkan t_hitungdan〖 t〗_tabel, bila t_hitung ≥〖 t〗_tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, begitupun sebaliknya bila t_hitung<〖 t〗_tabel maka Ha ditolak dan Ho diterima. Berdasarkan hasil penelitian dengan analisis korelasi product moment didapatkan nilai r_xy sebesar 0,743 hal ini menunjukan bahwa nilai korelasi pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja peserta diklat sebesar 0,743 yang artinya terdapat pengaruh positif yang kuat pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja peserta diklat pada Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perdagangan (Pusdiklat Perdagangan-Kemendag). Dan dari hasil pengujian hipotesis didapatkan nilai t_hitung lebih besar daripada t_tabel (7,690 > 2,011), maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja peserta diklat Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perdagangan (Pusdiklat Perdagangan-Kemendag). Dengan koefisien determinasi diperoleh nilai 55,20%. Hal ini menunjukan bahwa pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja peserta diklat pada Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perdagangan (Pusdiklat Perdagangan-Kemendag) yakni sebesar 55,20%, sedangkan sisanya 44,80% kinerja peserta diklat Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perdagangan (Pusdiklat Perdagangan-Kemendag) dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti. Kata kunci : Pendidikan dan Pelatihan Dan Kinerja Peserta Diklat