Pengaruh faktor-faktor non finansial terhadap tingkat pengungkapan islamic social reporting perbankan syariah di Indonesia tahun 2011-2015

Main Author: Rahma, Erika Silvia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: FE UAI - Akuntansi , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.uai.ac.id/256/1/
http://eprints.uai.ac.id/256/
http://perpustakaan.uai.ac.id/index.php/cari/detailkoleksi/DC3223DE-83E2-456C-87D0-303A931C6036
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor non finansial terhadap tingkat pengungkapan Islamic Social Reporting perbankan syariah di Indonesia tahun 2011-2015. Tingkat pengungkapan Islamic Social Reporting diukur dengan Indeks Islamic Social Reporting yang terbagi dalam enam tema yaitu; Keuangan dan Investasi, Produk/Jasa, Karyawan, Masyarakat, Lingkungan Hidup, dan Tata Kelola Perusahaan. Faktor-faktor non finansial adalah media exposure, kepemilikan institusional induk, dan Islamic governance-score. Sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling untuk mendapatkan sampel sebanyak 11 Bank Syariah. Laporan tahunan sebagai data dapat diperoleh di situs resmi Perbankan Syariah di Indonesia. Analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik dan uji hipotesis menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media exposure, kepemilikan institusional induk, dan Islamic governance-score berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting.