Pengaruh kecerdasan emosional, perilaku belajar, kepercayaan diri terhadap tingkat pemahaman akuntansi (studi pada mahasiswa universitas al azhar Indonesia fakultas ekonomi program studi akuntansi)

Main Author: Dwiguna, Raih Putra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Littlefield, Adams & CO , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.uai.ac.id/236/1/
http://eprints.uai.ac.id/236/
http://perpustakaan.uai.ac.id/index.php/cari/detailkoleksi/8D0E9FD8-D892-46E7-BAB1-CB1EEA0E183E
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui pengaruh kecerdasan emosional, perilaku belajar, kepercayaan diri terhadap pemahaman akuntansi. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa ekonomi program studi akuntansi yang masih aktif di Universitas Al-Azhar Indonesia. Dalam pengambilan data penelitian ini menggunakan kuesioner dengan teknik Nonprobability Sampling dengan jenis Sampling Kuota dan menggunakan metode skala likert. Sampel yang masuk kriteria dalam penelitian ini sebanyak 48 mahasiswa. Hasil pengujian menunjukan bahwa variabel kepercayaan diri berpengaruh signifikan terhadap pemahaman akuntansi. Sedangkan variabel kecerdasan emosional dan perilaku belajar tidak berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemahaman akuntansi dipengaruhi oleh tingkat kepercayaan diri, sedangkan kecerdasan emosional dan perilaku belajar tidak mempengaruhi pemahaman akuntansi.