Kampanye dan penyuluhan melek media (media literacy campaign) terhadap para orang tua siswa SMP di Jakarta
Main Authors: | Soraya, A., Sari Monik, Purbaningrum, Dwi, R. Zarkasi, Irwa, Puspita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Al Azhar Indonesia
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.uai.ac.id/1187/1/ http://eprints.uai.ac.id/1187/ http://perpustakaan.uai.ac.id/index.php/cari/detailkoleksi/3FB02143-C166-48E1-A253-428DB17D3DA9 |
Daftar Isi:
- Seiring dengan perkembangan teknologi, media yang ada sekarang ini mudah dan cepat sekali diakses, termasuk oleh anak-anak. Media seperti televisi, komik, video game, dan kartun menjadi media yang sering berinteraksi dengan anak. Hal yang patut diperhatikan adalah perkembangan anak akibat pengaruh media tersebut yang tidak semuanya berdampak positif dan juga pentingnya interaksi anak dengan lingkungan sosialnya. Untuk itu perlu dikembangkan sikap kritis dan cerdas terhadap seluruh lapisan masyarakat atas isi media (termasuk sikap kritis anak, remaja, dan orang tua) agar bisa terhindar dari dampak negatif media tersebut. Pemahaman orangtua mengenai media menjadi sangat penting. Pemahaman ini disebut dengan melek media atau media literacy). Sasaran kegiatan melek media ini khususnya adalah para orangtua siswa SMP Negeri 189 Jakarta Barat.